Universitas Diponegoro menggelar acara kolaboratif webinar nasional dengan judul Lolos Rekrutmen SDM Perusahaan Bonafid, Jenjang karir dan benefit kerja di bank, menjadi milyader muda kewirausahaan 4.0, yang diselenggarakan secara daring melalui ZOOM belum lama ini. Acara ini merupakan perwujudan dari bidang Tri Dharma Pengabdian kepada masyarakat Program Studi D3 Administrasi Pajak K. Batang PSDKU Undip, yang dikemas secara daring berskala nasional, yang diketuai oleh Ropinov Saputro, S.E., M.M. Acara yang berlangsung selama 4 jam ini diikuti oleh sekitar 450 peserta dari total 700 pendaftar dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Moderator webinar nasional ini adalah dosen Sekolah Vokasi, Apip, S.E., M.Si yang pernah meraih gelar Juara II Pengelola Keuangan Berprestasi tingkat nasional Kemenristekdikti. Webinar nasional ini didukung penuh oleh BCA Kanwil II Jateng DIY dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) D3 Administrasi Pajak K. Batang.

Ketua Lembaga Pengelola PSDKU Undip, Dr. Redyanto Noor, M.Hum sebagai Keynote speaker memberikan orasi ilmiah sesuai kepakaran beliau (Fakultas Ilmu Budaya Undip) dengan judul “Manusia Modern, Teknologi Informasi, dan Efektivitas Bahasa” yang sangat relevan dengan topik webinar nasional ini. Dalam orasi ilmiahnya, Redyanto menyampaikan agar mahasiswa Indonesia menggunakan dengan baik Bahasa Indonesia melalui teknologi informasi dalam menyongsong karirnya.

Ropinov Saputro, S.E., M.M. sebagai dosen PSDKU Undip sekaligus praktisi Manajemen Sumber Daya Manusia, tampil sebagai pemateri I dengan topik “Lolos rekrutmen SDM perusahaan bonafid”. Ropinov menjelaskan bahwa kesuksesan karir seseorang dimulai sejak ia masih menjadi mahasiswa jauh sebelum lulus. Mahasiswa sebaiknya memperbanyak kegiatan positif dalam meningkatkan hardskill (kualifikasi utama) dan softskill (penunjang) selama menjadi mahasiswa, sebelum akhirnya merangkumnya dalam sebuah Curriculum Vitae (CV). “Menulis CV yang unggul bisa dilakukan dalam 2 jam, tapi membangunnya butuh waktu bertahun-tahun. CV yang unggul merupakan kekuatan dalam persaingan mencari kerja”, demikian ujar Pembina himpunan mahasiswa yang juga Juara 3 dosen berprestasi Sekolah Vokasi Undip 2021 ini. Banyak peserta yang bertanya pada sesi materi I ini namun sayangnya terbatas oleh waktu, sehingga pemateri I harus menjawab sisa pertanyaan di kolom chat.

Selama pemberian materi II oleh pihak BCA hingga materi III yaitu kewirausahaan digital oleh pemateri III, peserta yang bertahan hingga akhir acara dan memperoleh sertifikat sekitar 450 peserta. Hal ini memperlihatkan antusiasme peserta serta menjadi indikator kecocokan antara kebutuhan peserta dengan topik-topik yang dibawakan. Dari hasil kuesioner yang diisi peserta, webinar nasional ini memperoleh kepuasan yang tinggi dari peserta. Mayoritas peserta menyatakan bahwa pemateri menguasai materi dengan baik, materi yang disampaikan bermanfaat sebagai pengetahuan mahasiswa dalam menyongsong karir. Keluhan yang disampaikan berupa minimnya waktu webinar dan beberapa kendala minor terkait jaringan. Saran terbanyak tentang topik webinar nasional Undip kedepannya adalah workshop pembuatan lamaran kerja dan CV, workshop strategi wawancara kerja, dan pelatihan softskill mahasiswa.

Ketua Lembaga Pengelola PSDKU Undip, Dr. Redyanto Noor, M.Hum, mengapresiasi kegiatan seperti ini dan berharap dapat menginspirasi seluruh civitas akademika di PSDKU Undip untuk menyelenggarakan acara serupa.