SEMARANG – Para aumni Fakultas Psikologi Undiversitas Diponegoro (UNDIP) Angkatan 96 menggelar acara Reuni Perak 25 Tahun Psikologi 96 Undip. Pada acara yang digelar di Kampus Magenta Psikologi Undip Tembalang Semarang ini diisi dengan pemberian beasiswa kepada beberapa mahasiswa, serta pemberian tanda kasih dan hormat kepada para perintis Fakultas Psikologi.

Ketua Panitia Reuni Perak 25 Tahun Psikologi 96 Undip, Sugeng Supriyono, mengatakan kegiatan yang diberi tajuk ‘Yonan’ (Yoo…Ngumpul Tenanan) pada Minggu (12/12/2021) berlangsung dalam suasana yang penuh keakraban dan keceriaan. ‘’Tujuannya digelar acara untuk memperingati 25 Tahun Psikologi 96 Undip, adalah mempererat tali silaturahmi diantara sesama alumni Psikologi 96 Undip serta sebagai bentuk apresiasi atas prestasi Fakultas Psikologi Undip saat ini,”kata Sugeng Supriyono, Jumat (17/12/2021).

Menurut dia, tema dan nama-nama acara dibuat unik dengan mengambil nama- nama beberapa alumni, seperti Yonan, Hawa, Lintang, Utami, dan Dani, sebagai wujud kekompakan Angkatan 96 Psikologi Undip. Para alumni datang dari sejumlah kota baik dari Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa. Acara tersebut juga dihadiri Dekan Fakultas Psikologi Undip, Prof. Dian Ratna Sawitri S.Psi., M.Si., Ph.D, serta 21 orang perintis Fakultas Psikologi yang terdiri dari 13 orang dosen dan delapan tenaga kependidikan

Dekan Fakultas Psikologi Undip, Prof Dian Ratna Sawitri, mengatakan bahwa alumni merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan almamater.  ‘’Alumni juga merupakan salah satu kekuatan signifikan untuk memperkuat dan membesarkan kampus,’’ jelasnya.

Pada momentum itu, Prof Sawitri menyatakan rasa terima kasihnya atas bantuan dari alumni dan berharap bisa bermanfaat bagi almamater, khususnya adik-adik mahasiswa yang berprestasi, yang memang membutuhkan bantuan finansial dalam menunjang terselesaikannya studi tepat waktu.

Reuni Perak 96 diawali dengan kegiatan ‘Lintang’ yaitu Keliling Tembalang, dengan naik bus. Sejumlah alumni bernostalgia berkeliling kampus Undip, terutama kelas-kelas di kampus yang dahulu menjadi tempat menata asa yakni kampus Sains dan Matematika (sebelumnya bernama FMIPA) dan Fakultas Psikologi lama yang kini terbagi menjadi Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kesehatan masyarakat (FKM).

Kegiatan keliling Tembalang diakhiri dengan penanaman enam pohon di halaman Fakultas Psikologi yakni satu pohon Tabebuya dan lima pohon Kelengkeng. Kegiatan dilanjutkan di Aula Prof. Darmanto Jatman yang bertemakan Utami & Dani atau Silaturahmi dan Do’a Alumni serta Hawa (Harapan Mahasiswa). Acara tersebut disiarkan secara daring melalui platform zoom sehingga alumni yang tidak bisa hadir secara fisik bisa mengikuti.

Adapun penerima beasiswa diwakili oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi Undip, Perwakilan Ketua Senat dan Perwakilan Kesejahteraan Mahasiswa.  Selain itu, para alumni juga memberikan cinderamata sebagai bentuk terima kasih, rasa syukur dan kebanggaan kepada para dosen perintis, yakni keluarga Prof. Darmanto Jatman, S.U; Drs. Asyhadi Abroza;  Drs. Karyono, M.S; Dra. Sri Hartati, M.S.; Dra. Frieda NRH, M.S.; Dra. Suci Murtikarini, M.Si; Dra. Siswati, M.Si; Dra. Endang Sri Indrawati, .M.Si; Drs. Zaenal Abidin, M.Si; Dr. Hastaning Sakti, M.Kes; Dr. Yeniar Indriana,. M. S.; Dra. Diana Rusmawati, M.Psi; dan Dr. Endah Kumala Dewi, M. Kes.

Sedangkan delapan orang tenaga kependidikan diantaranya diberikan kepada Kustantini, S.Sos., M.Si, Tri Sulistiani, S.Psi., S.Hum,  Markam,  Soetarto, Nuryati, Nursidi, Moch. Subiyanto dan keluarga dari Khambali. Rangkaian kegiatan ditutup dengan doa bersama serta ramah tamah antar alumni dan undangan yang hadir. (tim humas)