“Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Sederhana untuk Konten Website ini bertujuan untuk memberikan pengetahunan teknik penulisan dan optimilasi artikel website, juga teknik pengambilan gambar, dan cara mengelola konten web dan media sosial, serta cara memaksimalkan pencarian artikel pada search engine”. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia  (BPSDM) Universitas Diponegoro, Mochamad Arief Budihardjo, S.T., M.Eng.Sc, Env.Eng, Ph.D, dalam acara Pelatihan Jurnalistik Sederhana untuk Konten Website yang dilaksanakan secara daring (29/3).

“Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat dan mempermudah untuk menyajikan berita-berita atau artikel-artikel guna mendorong publikasi di laman www.undip.ac.id. Website merupakan wadah Undip untuk menyampaikan informasi sekaligus menyediakan informasi” tuturnya.

Dalam materinya, Utami Utami Setyowati, SS., M.I.Kom, selaku Manager Layanan Terpadu dan Humas Undip menyampaikan bahwa Information Management merupakan pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan, dan pemeliharaan data dan berbagai jenis informasi. Sedangkan Content Management System adalah sistem perangkat lunak pada website yang digunakan untuk membuat dan mengatur berbagai fitur dan halaman dalam situs tersebut.

“Untuk memberitakan sebuah kejadian, jurnalis memiliki acuan atau kriteria yang disebut dengan nilai-nilai berita atau news values. Dalam menyampaikan informasi akademik, kemahasiswaan, kegiatan, prestasi dan sebagainya yang berkaitan dengan Undip, penulis informasi perlu memiliki acauan atau kriteria, yang disebut information values” terangnya.

Menurutnya informasi yang akan kita unggah pada website harus memiliki sifat-sifat hakiki. Informasi mengenai suatu kegiatan disampaikan dengan tepat. Tepat menyebut hari, jam dan tempat kegiatan; tepat menulis nama dan jabatan atau pangkat seseorang; tepat menulis bagian-bagian kegiatan secara rinci dan tepat pula menempatkan bagian-bagian yang perlu ditonjolkan dan bagian mana yang harus menyusul, serta kegiatan tergambarkan secara utuh.

Sementara Agus Widyanto (Managing Partner avadAta Strategic Communication) membahas mengenai teknik pembuatan artikel dan pengambilan foto untuk berita. Ia mengatakan artikel atau teks berita adalah produk jurnalistik yang dibuat berdasarkan hasil rekonstruksi realitas untuk kebutuhan publisitas di media massa. Dalam konteks kini, berita juga diperlukan untuk mengisi website, situs atau portal lembaga/organisasi/korporasi; selain untuk media massa baik online, cetak, radio maupun televisi.

“Sedangkan foto berita atau lazimnya disebut foto jurnalistik adalah produk jurnalisme untuk menggambarkan suatu peristiwa dalam bentuk foto dan gambar maupun bentuk perpaduannya” pungkasnya.

Pemateri pada sesi terakhir, Mochamad Idris, S.Kom., M.Kom (Bagian IT Undip) menjelaskan materi diantaranya mengenai cara mendapat blacklink berkualitas antara lain membuat konten yang menarik, guest pos, broken link building, meniru blacklink competitor, dan memanfaatkan content sharing platform (Medium, Quora, Kompasiana). Backlink merupakan salah satu faktor penting dalam SEO. Pada dasarnya backlink adalah tautan pada sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain. (Lin-Humas)