Sabna Faradila, salah satu lulusan terbaik Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro (Undip) dengan IPK 3.86 yang memiliki banyak pengalaman berorganisasi. Sabna merupakan ketua Indonesian Cheer Association (ICA) Jawa Tengah sejak tahun 2022. Selain itu, ia juga mengikuti beberapa organisasi luar kampus, seperti TEDxUndip; Indonesian Next Leader Jawa Tengah; dan ICA Jawa Tengah.

Sabna juga merupakan seorang freelancer pada media event yang bernama Eventsclick sejak 2020 yang memberikan dirinya keterampilan marketing communication dan communication branding. Salah satu pengalaman paling berkesan bagi Sabna adalah ketika ia lolos dalam Program Magang Bersertifikat BUMN pada PT Perkebunan Nusantara IX dan ditempatkan sebagai internship selama 6 (enam) bulan kerja. Setelah itu, ia dan teman-temannya juga berusaha merintis dan mengelola usaha di bidang jasa desain; foto; video; dan social media yang bernama “Artji” pada 2020. Sabna juga masih aktif menjadi pelatih ekstra kulikuler Cheerleader di SMP N 2 Semarang.

Menurut Sabna, berkuliah di Undip memberikan pengalaman yang tak terlupakan karena lingkungan kampus dan teman-teman yang supportif. Mata kuliah yang diajarkan pun tidak hanya teoritikal, namun juga terdapat banyak mata kuliah praktik yang membuat mahasiswanya dapat menuangkan segala kreativitas dan idenya untuk dieksekusi dan juga bekerja sama dengan berbagai klien dalam berbagai projek.

“Khususnya di prodi Ilmu Komunikasi, mahasiswa dapat memanggil dosen dengan sebutan ‘Mas’ dan ‘Mbak’ yang memberikan kesan kedekatan, keakraban, dan kekeluargaan antara dosen dan mahasiswanya,” kata Sabna.

Terakhir, ia berpesan kepada generasi muda untuk menempuh pendidikan setinggi mungkin dengan tidak melupakan untuk berogranisasi. Dengan berogranisasi dapat menambah relasi yang dapat memberikan pelajaran mengenai arti menghargai pendapat dan menambah pengalaman-pengalaman baru. Dengan menjalani pendidikan dan berorganisasi secara tepat, akan membiasakan diri untuk membuat time management yang baik, skala prioritas yang tepat, memanfaatkan relasi dengan baik, dan melatih bertanggung jawab yang nantinya akan membantu dalam pengembangan potensi diri untuk masa depan.

“Jadi, jangan takut untuk memulai hal baru dan berusaha keluar dari zona nyamanmu. Selagi masih muda, eksplore sebanyak-banyaknya dan jangan takut untuk gagal. Make it happen, shock everyone,” pungkas Ketua ICA Jawa Tengah tersebut. (Sudanta – Humas)

Share this :