Calon mahasiswa baru khususnya kelompok saintek pasti sudah mempunyai cita-cita saat memilih program studi yang sesuai minat dan bakat yang dimiliki. Termasuk saat mereka memilih berkuliah di Fakultas Sains dan Matematika. Perlu diketahui bahwa Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro memiliki beberapa prodi diantaranya prodi S1 Biologi, S1 Kimia, dan S1 Fisika. Dari ketiga program studi tersebut menghasilkan lulusan yang berkompetensi, profesional, kompetitif, dan berorentasi ke masa depan.

Program Studi S1 Biologi telah terakreditasi A dengan gelar lulusan Sarjana Sains (S.Si.). Materi yang dipelajari pada prodi ini adalah ilmu biologi dan lingkungan. Profil lulusan antara lain analis biologi, wirausaha, praktisi, peneliti muda, dan supporting staff. Dukungan fasilitas bagi mahasiswa adalah internet, perpustakaan, ruang laboratorium praktikum dan riset, kebun percobaan, kandang percobaan, ruang multimedia, serta ruang kuliah.

Program Studi S1 Kimia telah terakreditasi A dengan gelar lulusan Sarjana Sains (S.Si.). Prodi ini mempelajari prinsip-prinsip ilmu kimia dan terapannya dengan penguatan kajian bahan alam, biomolekul, material, proses dan energi. Sedangkan profil lulusan diharapkan mampu berperan dalam beberapa jabatan profesional, seperti peneliti, pengembang, akademisi, guru, insinyur, pengontrol, manajer, konsultan, dan wirausaha.

Program Studi S1 Fisika telah terakreditasi A dengan gelar lulusan Sarjana Sains (S.Si.). Materi-materi yang dibahas antara lain fisika radiasi, mempunyai kompetensi dalam pengembangan dan penerapan radiasi di bidang medis, industri dan riset; fisika material, mempunyai kompetensi dalam analisis sifat fisis material dan aplikasinya; geofisika, mempunyai kompetensi dalam perancangan dan melakukan survey eksplorasi dengan metode geofisika dalam menggali sumber daya alam dan lingkungan; instrumentasi, mempunyai kemampuan dalam penerapan konsep instrumentasi berbasis mikroprosesor untuk pengolahan sinyal otomasi dan komunikasi data secara hardware dan software. Serta menghasilkan profil lulusan akademisi, peneliti, leader, fisikawan medik, praktisi fisika radiasi, perencana elektronika dan instrumentasi, praktisi di industri pertambangan energi dan migas, dan pengembang material maju.

Setelah mengetahui berbagai kelebihan prodi-prodi di atas, akan mudah bagi calon mahasiswa baru  mengambil jurusan favorit pada saat kuliah. Apapun pilihan jurusan di FSM Undip semoga bisa menjadi pedoman belajar yang baik dan sebagai sarana mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri sendiri sekaligus bagi banyak orang. (Lin-Humas)