Semarang, 01 Desember 2022 – Webinar “Hello, Ambassador!” merupakan program kerja tahunan yang diselenggarakan oleh Diponegoro International Office (DIO) dimana pada tahun 2022 ini, mengundang Madame Fiona Hoggart, Consul-General Australia di Indonesia sebagai narasumber. Dipandu oleh Diastama A. Ramadhan, S.H., LLM, Wakil Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas Diponegoro (Undip), webinar berjalan dengan meriah diiringi oleh antusiasme besar para peserta. Acara ini diikuti oleh puluhan peserta, baik mahasiswa Undip maupun peserta dari universitas lainnya.

Madame Fiona Hoggart selaku narasumber mengawali diskusi dengan memaparkan sejarah hubungan diplomatik antara Indonesia dan Australia hingga membahas mengenai kompleksitas dinamika global. Dalam pemaparannya, ketidakpastian perekonomian global baik pada sektor perdagangan maupun keuangan internasional menjadikan kerja sama antar negara memiliki posisi strategis. Hal ini juga berdampak pada Indonesia yang merupakan tuan rumah forum Group of Twenty (G20) pada tahun 2022 ini, memiliki posisi sentral dalam mendukung pemulihan ekonomi global.

Kemudian, Madame Fiona Hoggart juga menjelaskan tentang pendidikan di Australia. Ada beberapa alasan yang membuat Australia menjadi tujuan bagi mahasiswa Indonesia. Pertama, universitas-universitas di Australia mampu menduduki ranking top dunia. Kedua, biaya hidup dan kebutuhan sehari-hari cukup terjangkau. Terakhir, baik Indonesia maupun Australia memiliki kesamaan bahasa, yang mana saling mempelajari bahasa Inggris dan Indonesia, sehingga hal tersebut dapat mempermudah mahasiswa dalam berkomunikasi.

Undip sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia turut berpeluang besar dalam menjalin hubungan baik dan kerjasama Indonesia dan Australia, khususnya dalam bidang pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan pernyataan Madame Fiona Hoggart “Australia and Indonesia have good collaboration in research and higher education through Scholarships program, publications, and student exchange” sesaat sebelum mengakhiri diskusi. Pada akhir acara, webinar ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama. (ST-AS)

Share this :