Tim Aqua Marine Universitas Diponegoro (Undip) berhasil meraih Juara 2 pada kompetisi International Dam Innovation Contest (IDIC) 2023 yang dilaksanakan sejak tanggal 9 Februari 2023 hingga 5 Mei 2023 di Universitas Diponegoro, Semarang.

Tim Aqua Marine Undip ini terdiri dari mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2020, yaitu Aqnas Maulana Askiantoro sebagai ketua tim, Mirza Nur Aziz, dan Naufan Yasar Nafiadi.

Prestasi yang telah dicapai tentu melalui berbagai persiapan yang cukup matang. Aqnas Maulana Askiantoro selaku ketua Tim Aqua Marine Undip mengungkapkan bahwa persiapan sudah dilakukan kurang lebih 4 bulan.

“Pembagian tugas anggota dibagi sesuai dengan bidang dan skill yang dimiliki. Kita mengikuti IDIC 2023 sudah dari bulan Januari dan lombanya sendiri di bulan Mei. Jadi persiapan sudah kurang lebih 4 bulan. Kita juga pernah mengikuti klub keairan yang ada di Teknik Sipil Undip, sehingga punya ilmu dasar yang cukup bagus,” jelas Aqnas.

“Senang sudah bisa membanggakan nama almamater dan bahagia juga karena persiapan yang sudah lama itu sesuai dengan hasil yang kita harapkan,” tambah Aqnas.

International Dam Innovation Contest (IDIC) merupakan salah satu event lomba yang diadakan oleh Civil Engineering Innovation Contest (CEIC) Teknik Sipil Universitas Diponegoro yang bergiat dalam bidang bangunan keairan yaitu Bendungan.

International Dam Innovation Contest (IDIC) CEIC Season XI tahun ini mengusung tema yang sangat relevan dalam isu permasalahan banjir yaitu “Innovation Planning of Landfill Dam Type as Flood Control and Maximized the Other Multifunction”.

Permasalahan lingkungan yang kompleks seperti permasalahan banjir sudah sangat umum terjadi di seluruh dunia, sehingga International Dam Innovation Contest (IDIC) berkontribusi penuh dalam menciptakan generasi masa depan dengan mewadahi mahasiswa internasional untuk menyalurkan ide dan inovasinya dalam merencanakan bendungan yang maksimal dalam pemanfaatannya.

Share this :