, ,

Teknik Sipil UNDIP Sukses Gelar Seminar Nasional The Rise of Construction on The Threat of Recession

Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Diponegoro (Undip) sukses mengadakan acara Seminar Nasional yang merupakan puncak dari acara The 11th Civil Engineering Innovation Contest (CEIC) pada hari Sabtu, 6 Mei 2023 yang bertempat di Gedung Prof. Soedarto Undip. The 11th Civil Engineering Innovation Contest (CEIC) merupakan acara tahunan yang diadakan oleh mahasiswa Teknik Sipil Universitas Diponegoro.

Seminar Nasional tahun ini mengusung tema “The Rise of Construction on The Threat of Recession” yang bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa serta lebih peduli dan dapat bersikap kritis terhadap isu nasional yang terjadi di Indonesia.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Prof. Ir. M. Agung Wibowo M.M., M.Sc., Ph.D., menuturkan bahwa saat ini industri konstruksi sedang menuju ke penggunaan teknologi ramah lingkungan. “Dunia semakin tua, sumber daya semakin terbatas, sehingga kerusakan terhadap lingkungan semakin kencang. Maka dari itu muncullah Perjanjian Paris yang mewajibkan adanya Net Zero Emission. Industri konstruksi sekarang menuju ke sana, menuju ke penggunaan teknologi ramah lingkungan. Konsep-konsep inilah dasar dari Lean Construction. Konsep ini terinspirasi dari industri Manufaktur,” terangnya.

“Bagi kami, 5 tahun terakhir ini kita sudah berupaya untuk memperkenalkan konsep ini sebagai salah satu alat untuk membantu pengurangan waste dan efisiensi. Di Teknik Sipil sendiri kami memfasilitasi mahasiswa kita untuk memelajari hal tersebut. Seminar ini (CEIC) menjadi penting sebagai sarana untuk memperkenalkan konsep tersebut,” tambah Prof. Agung.

Sesi materi pertama Seminar Nasional mengangkat tema “Development Transformation” yang dibawakan oleh empat pembicara yang ahli di bidangnya, yaitu Dekan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Prof. Ir. M. Agung Wibowo M.M., M.Sc., Ph.D., Vice President HAKI Dr. Ir. Nathan Madutujuh, M.Sc., serta Ketua dari Lean Construction Institute Indonesia Ir. Budi Utomo, IRCA., RLA., CBA., SSBB. dan Konsultan Lean Construction Blento Kasih S.T., PSMI., LeanPM., CAPM. yang dimoderatori oleh Prof. Jati Utomo Dwi Hatmoko, S.T., M.M., M.Sc., Ph.D. selaku Ketua Departemen Fakultas Teknik Sipil Universitas Diponegoro.

Sesi materi ini membahas tentang perkembangan nasional menuju masa depan yang lebih baik dengan didukung oleh lean construction di Indonesia di bawah tekanan resesi yang berlangsung.

Sesi materi kedua juga mengangkat tema yang sedang kerap diperbincangkan, yaitu “Digital Transformation” dengan tiga pemateri yang sangat berpengalaman. Materi tersebut dibawakan oleh Vice President IT Hutama Karya Agung Sulistyo Pramono, S.T., M.B.A., Direktur Operasi WIKA Gedung Ir. Bagus Tri Setyana, M.T., dan Senior Manager Departemen Teknik Divisi QHSE WIKA Ir. Hadi Triolaksana, S.T., M.T. Sesi kedua ini dibawakan oleh Dr.-Ing. Bobby Rio Indriyantho, S.T., M.T. sebagai moderator dengan pembahasan mengenai sistem ERP di industri konstruksi serta implementasi teknologi BIM di Indonesia.

Seminar Nasional ini juga dimeriahkan oleh penampilan dari Paduan Suara Mahasiswa Teknik (PSMT) Universitas Diponegoro dan ditutup dengan pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba The 11th Civil Engineering Innovation Contest (CEIC), yaitu International BIM Innovation Contest, International Dam Innovation Contest, dan International Bridge Design Competition dari berbagai Universitas.

Share this :

Category

Arsip

Related News