Semarang – Jawa Tengah. Kantor Urusan Internasional Universitas Diponegoro (KUI Undip) sukses menyelenggarakan persiapan keberangkatan bagi IISMA Awardees 2023 bertempat di Hotel Aruss, Semarang (23/05). Acara ini turut mengundang Annastasia Ediati, S.Psi., M.Sc., Ph.D., sebagai Psikolog Klinis dan Kesehatan, perwakilan IISMA dan IISMAeVo 2022, Rafi Fauzan Abdillah dari Fakultas Hukum Undip, serta Derryl Joshua Aleyhandro dari Sekolah Vokasi Undip.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB, diawali dengan pembukaan oleh Master of Ceremony, dilanjut sambutan oleh Hanifa M. Denny, S.KM., M.P.H., Ph.D. selaku Direktur Direktorat Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni. Dalam sambutannya, Ia berpesan kepada para awardees agar selalu menjaga nama baik Indonesia dimanapun berada. Acara dilanjut dengan materi Cross Cultural Understanding oleh Kepala Kantor Urusan Internasional, Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D. Selaras dengan Hanifa, Anggun berpesan untuk para awardees agar selalu mematuhi norma agama, norma hukum, dan norma sosial dimanapun berada.

Sesi selanjutnya diisi pemaparan dan sharing dari Rafi Fauzan Abdillah (University of Zagreb Croatia), serta Derryl Joshua Aleyhandro (IU International University of Applied Science). Dalam sharingnya, mereka berpesan kepada para penerima beasiswa IISMA untuk melakukan research terlebih dahulu akan host country yang dituju. Mulai dari makanan, budaya, hingga Do & Dont’s yang harus dilakukan oleh awardees ketika berada di negara tersebut. Sesi terakhir diisi dengan materi penguatan psikologis dan tanya jawab oleh Annastasia Ediati, S.Psi., M.Sc., Ph.D. Salah satu pesan yang disampaikan adalah “Teruslah belajar selama hidup ini, sebelum hidup memberikan pelajarannya, karena pelajaran hidup itu berat.” (AH – AS)

Share this :