, ,

Rektor UNDIP Kukuhkan Guru Besar FPIK dan FT

Undip Kembali mengukuhan tiga guru besar pada hari ketiga sesi pagi, Kamis (7/9) di Gedung Prof. Soedarto, S.H., Undip Tembalang. Guru besar yang dikukuhkan adalah Prof. Dr. Ir. Sarjito, M.App.Sc. (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan);  Prof. Dr. Ing. Ir. Silviana., S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. (Fakultas Teknik); dan Prof. nat. Ir. Thomas Triadi Putranto, S.T., M.Eng., IPU, ASEAN Eng. (Fakultas Teknik).

Dalam pidato ilmiahnya tentang “Penanganan Penyakit Ikan Berbasis Bahan Alami dalam Rangka Mewujudkan Akuakultur Berkelanjutan”, Prof. Sarjito mengatakan banyak berbagai laporan kematian massal pada kegiatan akuakultur akibat penyakit ikan pada organisme akuakultur, antara lain, kepiting, krustasea, udang dan ikan ekonomis penting seperti kerapu, ikan lele dan nila, ikan mas, dan koi.  Upaya untuk menanggulangi ikan yang terserang penyakit umumnya masih menggunakan antibiotik dan bahan kemotherapi. Penggunaan antibiotik dalam jangka waktu yang lama dan dengan jumlah yang tidak tepat dapat menimbulkan resistensi terhadap bakteri patogen dan menghasilkan residu pada produk akuakultur serta munculnya anti mikrobial Resisten (AMR) di lingkungan perairan.

“Untuk menghindari efek negatif dari penggunaan antibiotik pada kegiatan akuakultur maka diperlukan alternatif pengobatan menggunakan bahan alami ramah lingkungan. Penyakit yang sering menyerang organisme akuakultur adalah akibat infeksi virus, jamur dan bakteri serta faktor lingkungan. Penggunaan bahan alamai, terutama tanaman alami dan bakteri asosiasi  merupakan salah satu cara yang direkomendasikan bagi pembudidaya ikan, sekaligus menekan biaya produksi, menurunkan bakteri resistensi, mengurangi  dampak terhadap lingkungan akuakultur dan sekaligus menjaga keamanan pangan,” jelasnya.

Dilanjutkan presentasi karya ilmiah Prof Silviana yang berjudul “Pengembangan Teknologi Adsorben Selektif Berbahan Silika Termodifikasi untuk Peningkatan Kualitas Energi Alternatif”, membahas tentang fokus pengembangan teknologi material baru mengenai pembuatan partikel adsorben selektif berbahan silika bagi peruntukan peningkatan kualitas energi alternatif yaitu biodiesel, biogas, dan syngas. Partikel adsorben selektif yang terbentuk tersebut perlu dikonfirmasi dengan karakterisasi serta kajian kinetika untuk mendapatkan informasi lanjut akan kebutuhan partikel adsorben selektif berbahan silika termodifikasi dalam menurunkan konsentrasi impuritas dalam biodiesel, biogas, dan syngas.

“Tahap uji kelayakan produk adsorben tersebut dalam suatu proses pemurnian merupakan bagian dari peluang munculnya inovasi proses diagram alir produk berkualitas dengan ditunjukkan peningkatan nilai kalor, kemurnian, dan nilai ekonomi. Kendala yang muncul menjadi peluang untuk berkolaborasi dengan industri terkait baik sebagai fasilitator maupun konsultan,” ungkap Prof Silviana.

Sementara Prof Thomas dalam materinya berjudul “Kondisi dan Rekomendasi Pengelolaan Air Tanah Berwawasan Lingkungan di Kota Semarang”, menjelaskan tentang besarnya pemanfaatan air tanah di Indonesia memberikan dampak pada ketersediaan dan kualitas air tanah. Pemanfaatan air tanah yang tidak berwawasan lingkungan akan memberikan dampak buruk terhadap kondisi air tanah. Dampak primer yang timbul sebagai akibat pengelolaan air yang kurang tepat adalah berkurangnya ketersediaan air tanah. Selanjutnya dapat muncul dampak lanjutan seperti penurunan muka tanah (land subsidance), masuknya air laut ke daratan (rob) dan peristiwa masuknya air laut ke dalam lapisan air tanah (intrusi air laut) yang dapat terjadi terutama di kawasan pesisir. Dampak-dampak yang muncul akan berakibat pada kerusakan lingkungan air tanah yang lebih luas, seperti penurunan kualitas air tanah.

“Kegiatan pengelolaan air tanah dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya pembangunan sumur pantau secara online/realtime untuk pengamatan muka air tanah dan kualitasnya, pembangunan sumur resapan dalam dan resapan dangkal, pemetaan potensi dan konfigurasi air tanah serta pemetaan zona pemanfaatan dan konservasi air tanah, pengawasan dan sosialisasi pengendalian pemanfaatan air tanah, serta pemodelan numerik aliran air tanah dan pergerakan partikel kontaminan,” pungkasnya. (LW-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News