, ,

Dosen Prodi TRKI Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro Peroleh Pendanaan Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM) 2023 oleh Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN)

Masih dalam serangkaian Dies Natalis Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, berita bahagia datang dari para dosen di Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI). Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D. dan Hermawan Dwi Ariyanto, S.T., M.Sc., Ph.D. berhasil mendapatkan pendanaan proposal usulan penelitian melalui Program Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM) yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan pendanaan dari LPDP. Program pendanaan ini berlaku multi tahun dan mencakup beberapa bidang kepakaran diantaranya pangan, kesehatan dan energi, nanoteknologi, lingkungan dan juga sosial.

“Capaian yang membanggakan ini menjadi kado istimewa pada Dies Natalis Sekolah Vokasi Undip yang dapat dipersembahkan oleh Prodi TRKI. Para dosen muda ini setelah menyelesaikan studi lanjutnya di luar negeri, bergabung menjadi dosen di Prodi TRKI. Hal ini menjadi lebih spesial dikarenakan kedua dosen muda ini juga merupakan Alumni Prodi Diploma III Teknik Kimia yang merupakan cikal bakal dari Prodi Sarjana Terapan TRKI,” ujar Mohamad Endy Julianto, S.T., M.T. selaku Ketua Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Kimia Industri Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (TRKI SV Undip).

Tema yang diusung oleh Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D. berupa “Produksi Bioavtur Berbasis Metil Ester Minyak Goreng Bekas Melalui Pengembangaan Reaktor Ozonolisis Nano Gelembung”. Penelitian ini didorong oleh keprihatinannya terhadap krisis energi berbasis bahan bakar fosil yang menjadi masalah dunia karena ketersediaannya sangat terbatas disamping menyebabkan pemanasan global. Salah satu upaya pengembangan bahan bakar alternatif yang dapat diperbaharui di sektor penerbangan, diantaranya dengan penggunaan biofuel bioavtur. Sedangkan Hermawan Dwi Ariyanto, S.T., M.Sc., Ph.D. yang memiliki kepakaran dibidang Teknologi Pangan ini fokus riset dengan judul “Pengembangan Proses Biotermokimia Gelombang Mikro untuk Produksi Nanopolifenol Teh Hijau Bebas Kafein yang Termodifikasi Kolagen”. Harapannya hasil penelitian ini akan segera di komersialiasi bersama PPTK Gambung yaitu teh hijau premium bebas kafein yang kompetitif.

Selain menjalankan tugasnya sebagai dosen, Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D. sejak tahun 2021 mendapatkan tugas tambahan sebagai Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas Diponegoro. Selain itu, pada tahun 2018-2019 mendapatkan gelar kehormatan sebagai Visiting Associate Professor dari National Institute of Technology, Akashi College, Jepang. Hingga kini, Anggun juga aktif sebagai Reviewer di berbagai kegiatan nasional maupun internasional diantaranya Panel Reviewer Australia Awards Indonesia, Beasiswa LPDP, Competitive Fund Diksi, Kedaireka Matching Fund, dan juga Asesor IABEE. Adapun Hermawan Dwi Ariyanto, S.T., M.Sc., Ph.D. juga merupakan seorang dosen muda yang aktif berkegiatan, dimana beberapa diantaranya ialah Ketua Panitia Penyelenggaraan International Conference oleh Sekolah Vokasi Undip, Koordinator Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk Sekolah Vokasi di tingkat Universitas Diponegoro, Auditor Audit Mutu Internal (AMI) Universitas Diponegoro 2023 dan juga Sekretaris Tim Pengendalian Mutu Sekolah Vokasi (TPMSV).

Pencapaian para dosen di lingkungan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro ini mendukung ketercapaian Visi Fakultas yaitu “Menjadi Pusat Pendidikan Vokasi (Terapan) yang Unggul dan Bertaraf Internasional”. Sebagaimana yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Budiyono, M.Si. sebagai Dekan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro dimana para civitas akademika Sekolah Vokasi Undip didorong untuk memberikan kontribusi aktif pada kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Saatnya Vokasi Juara! (AS)

Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait