, ,

Tim Antawirya Hexa Undip Raih Juara Pada 2 Kategori di KMHE 2023

Tim Antawirya Hexa Undip mengikuti kejuaraan tingkat nasional yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang dilaksanakan di Sirkuit Carnaval Ancol (Jakarta International E-Prix Circuit), Jakarta pada 28 Oktober-3 November 2023. Kontes Mobil Hemat Eenergi (KMHE) ini diikuti oleh 60 tim mobil hemat energi dari berbagai universitas di Indonesia.

Kejuaraan ini terdiri dari 2 kategori, yaitu kategori urban dan kategori prototype. Pada kategori urban terdisi dari sub kategori urban gasoline, urban ethanol, urban diesel, dan urban electric. Sedangkan pada kategori prototype memiliki 4 sub kategori, yaitu prototype battery-electric, prototype ethanol, prototype diesel, dan prototype gasoline.

Tim Antawirya mengikuti kejuaraan di kategori urban gasoline dan juga prototype battery-electric. Untuk kategori Urban Gasoline, Gentayu nama mobil kami berhasil meraih efisiensi bahan bakar pada attempt pertama sebesar 303,73 Km/L. Lalu, pada attempt yang kedua Gentayu berhasil meraih efisiensi bahan bakar sebesar 342, 47 Km/L, dan pada attempt ketiga Gentayu berhasil meraih best scorenya sebesar 357,79 Km/L. Dengan efisiensi bahan bakar yang cukup besar, Gentayu berhasil meraih juara 3 pada kategori Urban Gasoline.

Untuk Rondhan, prototype battery-electric yang baru dibuat awal bulan Januari 2023 ini, berhasil mencetak angka tertinggi kurang lebih hanya dalam 11 bulan. Pada attempt pertama Rondhan berhasil meraih efisiensi baterai sebesar 768,06 Km/kWh. Dan pada attempt yang kedua, Rondhan berhasil meraih efisiensi baterai sebesar 799,80 Km/kWh, angkanya terus melonjak pada attempt yang ketiga yaitu 873,011 Km/kWh. Dengan angka yang cukup memuaskan ini, Rondhan berhasil meraih juara 2.

Tentu saja, baik Gentayu maupun Rondhan, dua-duanya berhasil menaikkan angka efisiensi secara signifikan dari kejuaraan sebelumnya yaitu Shell Eco-Marathon Asia Pasific and The Middle East 2023 yang diadakan bulan Juli lalu.

“Kami bersyukur, dan kami bertekad untuk terus meningkatkan efisiensi dari mobil kami, supaya kami tidak hanyak mengikuti kejuaraan saja, namun dapat diimplementasikan untuk negara Indonesia tercinta”, jelas General Manager Antawirya, Vinsensius Farel.

Tim Antawirya Universitas Diponegoro mengikuti event Kontes Mobil Hemat Energi 2023 dan memperoleh juara pada 2 kategori, yaitu juara 2 pada kategori Prototype Battery-Electric dan juara 3 pada kategori Urban Concept Internal Combustion Engine.

Share this :

Category

Arsip

Related News