, ,

Tim GRAPHO UNDIP Raih Juara 2 LKTI Kreativitas Mesin Brawijaya Tahun 2023

Tim mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro (FSM UNDIP) yang diketuai oleh Risqi Prastianto Setiawan (FSM, Fisika angkatan 2022), dengan anggota Fauzul Azim (FSM, Fisika angkatan 2022) dan Muhammad Bintang Yanuar (FSM, Biologi angkatan 2022) berhasil mendapatkan juara 2 (dua) nasional dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Kreativitas Mesin Brawijaya Tahun 2023 yang digelar pada Senin, 30 Oktober 2023 di Universitas Brawijaya Malang.

Risqi bersama timnya yang bernama GRAPHO, berhasil merebut juara 2 (dua) setelah mengusung sebuah karya inovasi mengenai membran osmosis pembalik dengan material graphene oxide sebagai bahan pada membrannya untuk mengatasi masalah limbar cair surfaktan. “Inovasi ini berawal dari masalah sanitasi air yang buruk di Indonesia padahal negara ini memiliki jumlah air yang melimpah,” ungkap Risqi.

Capaian yang diraih merupakan hasil dari proses persiapan yang matang. Sebelumnya, tim GRAPHO melakukan persiapan dengan membaca literatur-literatur dari jurnal yang disediakan oleh UNDIP dan mengamati masalah yang ada saat ini dengan memberikan solusi. “Setelah itu kami bersama-sama dengan tim menyusun karya tulis ilmiah dan Alhamdulillah berhasil lolos dan mendapat Juara 2 (dua),” jelasnya.

“Capaian ini memberikan motivasi dan dorongan bagi kami selaku tim GRAPHO untuk mengembangkan inovasi ini menjadi penelitian dan diaplikasikan ke masyarakat dan industri untuk mewujudkan sanitasi air yang berkelanjutan,” tambah Risqi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya ini mengusung tema “Energy Transition from Fossil Energy to Sustainable Renewable Energy”. LKTI Kreativitas Mesin Brawijaya 2023 menjadi sebuah tempat dimana para peneliti muda mengembangkan ide dan gagasannya untuk kemajuan bangsa.

Lebih lanjut, Risqi berpesan kepada generasi muda UNDIP untuk selalu mengembangkan potensi diri sehingga menjadi individu yang lebih bermanfaat kepada orang lain. “Seperti yang dikatakan oleh Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie, jadilah seseorang seperti mata air yang jernih yang mampu memberikan manfaat kepada sekitarnya,” pungkas Risqi.

Share this :

Category

Arsip

Related News