Pekalongan, Jawa Tengah (26/1) – Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Sinangohprendeng, sebuah pelatihan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva telah diselenggarakan oleh tim KKN Universitas Diponegoro. Pelatihan ini dihadiri oleh para guru-guru SDN 02 Sinangohprendeng dan difasilitasi oleh mahasiswa KKN Undip Tim 1 yang dipimpin oleh Asy-Syifa Al-A’la, mahasiswa Program Studi Informatika.

Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada para guru cara membuat materi pembelajaran yang menarik dan interaktif menggunakan aplikasi Canva. Dengan kemajuan teknologi, penggunaan media pembelajaran yang kreatif dapat meningkatkan minat belajar siswa dan mempermudah pemahaman materi.

Dalam sesi pelatihan, para guru diberikan pemahaman mendalam tentang fitur-fitur yang ada dalam aplikasi Canva, seperti pembuatan poster, presentasi, infografis, dan lain sebagainya. Selain itu, mereka juga diberikan contoh-contoh penerapan media pembelajaran yang efektif menggunakan Canva.

Salah satu peserta pelatihan, Ibu Iis, guru kelas 2 SDN 02 Sinangohprendeng, mengatakan, “saya sangat senang dengan pelatihan ini. Aplikasi Canva ternyata sangat mudah digunakan dan memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan untuk membuat materi pembelajaran yang menarik bagi siswa-siswa kami.”

Selain memberikan pelatihan secara langsung, tim KKN juga memberikan dukungan berupa pembimbingan setelah pelatihan untuk membantu guru-guru dalam mengimplementasikan apa yang telah dipelajari dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari.

Pelatihan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam transformasi pembelajaran di SDN 02 Sinangohprendeng menuju pembelajaran yang lebih interaktif dan berkualitas. Semoga dengan adanya kolaborasi antara mahasiswa KKN dan para guru, pembelajaran di sekolah ini dapat semakin meningkat dan memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan di wilayah tersebut.

Penulis : Asy-Syifa Al-A’la (24060120140088/ FSM – Informatika)
Dosen Pembimbing Lapangan : Imam Santoso, S.T., M.T.

Share this :