Universitas Diponegoro, Semarang – Puncak kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tim I Tahun Akademik 2023/2024, sebanyak 2.658 mahasiswa Undip melaksanakan Gelar Karya bertajuk “Diponegoro Muda Menuju Indonesia Emas Melalui Pemberdayaan Masyarakat” di halaman Gedung Prof. Sudarto, S.H., kampus Undip Tembalang. Gelar karya Mahasiswa KKN yang diadakan tanggal 19 Februari 2024 merupakan perpaduan dari gabungan gelaran karya 33 tim KKN reguler dan 6 tim KKN tematik Undip ditambah dengan 10 UMKM dari tim KKN Tematik.

Sejumlah 39 stand perwakilan dari 8 kabupaten yakni Pemalang, Pekalongan, Sragen, Klaten, Magelang, Boyolali, Sukoharjo dan Temanggung unjuk hasil karya program kerja dan produk inovasi unggulan selama mahasiswa menjalankan program KKN yang berlangsung 35 hari di desa dan 10 hari berlanjut di kampus.  Gelaran karya KKN mendapatkan apreasiasi dari Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum, “Semua karya dari mahasiswa itu indah dan bagus”. “Alhamdulillah selamat sampai di sini dan bisa melaksanakan gelar karya, semoga setelah ini segera lulus dan mendapatkan kerja”, kata Prof Yos saat memberikan sambutan.

Rektor Undip menyempatkan kunjungan di beberapa stand gelar karya mahasiswa KKN Undip, beliau menyatakan kebanggaannya karena mahasiswa mampu memberdayakan potensi yang dimiliki terutama warga desa dan UMKM. Mahasiswa KKN Undip dinilai mampu memberdayakan potensi UMKM dan menguatkan peranan masyarakat memperbaiki lingkungan. Termasuk produk UMKM yang telah dipilih dan disertifikasi tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT).

Sementara di awal acara, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Prof. Dr. Ing. Ir. Suherman, S.T., M.T. pada sambutannya menyampaikan  “Alhamdulillah pada tanggal 7 Februari 2024, Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. beserta jajaran telah melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke salah satu lokasi tempat dilaksanakannya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Undip Tahun Akademik 2023/2024 di Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang” (https://www.undip.ac.id/post/33508/rektor-undip-kkn-membangun-leadership-dan-tanggung-jawab.html), jelasnya.

Selanjutnya gelar karya dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc. selaku Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi. Ia menyebutkan kegiatan Gelar karya pada tahun ini dilaksanakan terpusat di kampus sehingga dirasa berbeda, dimana biasanya dilaksanakan pada setiap lokasi KKN masing – masing kabupaten. Hal ini dikarenakan adanya kegiatan persiapan pemilu. “Saat kunjungan lokasi KKN di Pemalang kemarin, didapatkan adanya kemajuan – kemajuan hasil inovasi mahasiswa KKN dari tahun – tahun sebelumnya dan berharap acara ini menjadi salah satu yang bisa dilakukan pada akhir setiap periode KKN dengan kegiatan Gelar Karya yang menampilkan karya-karya dari setiap kabupaten,” ujar Prof Ambar.

Terdapat pula program kerja pada acara gelar karya yang ditampilkan dari 12 tim KKN Tematik dan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) lingkar kampus diantaranya berupa sertifikasi halal; Santri Putri Darul Ilmi; pengolahan sampah organik; Sumurboto; KHDTK; Pemberdayaan Masyarakat Mandiri; Waduk Diponegoro Lestari; Dung Tungkul; Lembaga Pendidikan Komputer; Pendampingan Masyarakat Difabel Sukoharjo; PSDKU Pekalongan dan Maslinting.

Gelar karya berlangsung meriah disemarakkan dengan hiburan musik dan kesenian wakil mahasiswa KKN yang menampilkan performance Band, Modern Dance, Solo Guitar, Stand Up dan Silat dari 8 kabupaten dan tim kesenian Undip serta ekspo UMKM. (DHW-Humas)

 

Share this :