Universitas Diponegoro merupakan universitas besar di Indonesia.Untuk penerimaan mahasiswa baru Undip menerapkan 3 jalur masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan UM. Pelaksanaan SBMPTN melalui tes UTBK dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) . Pelaksanaan UTBK kali ini dilakukan 2 tahap yaitu tahap I tanggal 5 Juli-14 Juli 2020 dan tahap II tanggal 20 Juli-29 Juli 2020.

Adapun lokasi ujian UTBK di Undip dilaksanakan di Kampus Tembalang dan Pleburan. Undip telah menyediakan sarana komputer sejumlah 995 unit.

Rektor Undip Prof. Yos menyampaikan bahwa Undip dalam pelaksanaan UTBK telah mendapatkan ijin dari Gugus Tugas Percepatan Covid-19.

Lebih lanjut, Prof Yos menjelaskan, “Dalam pelaksanaan UTBK, Undip menerapkan protokol kesehatan bagi para peserta dan juga panitia yang bertugas selama pelaksanaan ujian”.

UTBK tahun 2020 ini diikuti sebanyak 23.092 peserta yang terdiri dari peserta reguler dan KIP-K masing-masing sebanyak 81.74% dan 18.28%. Peserta berasal dari seluruh kota dan kabupaten di Jawa Tengah, serta beberapa kota di luar Jawa Tengah.