Keluarga besar Universitas Diponegoro berduka dengan meninggalnya Guru Besar pada Fakultas Ilmu Budaya Prof. Dr. Istiati Soetomo yang berpulang ke hadirat Allah SWT pada Kamis, 9 Juli 2020 pukul 12.05 WIB di Kudus.

Jenazah diberangkatkan dari rumah duka Kudus dan dilaksanakan upacara Persemayaman Jenazah pada Jumat pagi, 10 Juli 2020 yang dipimpin oleh Rektor Undip bertempat di Auditorium Kampus Undip Pleburan. Selanjutnya jenazah dimakamkan di Komplek Pemakaman UNDIP Tembalang.

“Sumbangsih almarhumah di bidang pendidikan, keilmuan, pengabdian dan aktivitasnya untuk almamater dan masyarakat telah dirasakan luas. Almarhumah adalah salah satu putra terbaik yang pernah dimiliki Universitas Diponegoro”, urai Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH., M.Hum saat upacara persemayaman.

Almarhumah Prof. Istiati semasa hidupnya pernah menjabat antara lain sebagai Ketua Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra (sekarang Fakultas Ilmu Budaya) Undip tahun 1985-1988, Ketua Service English Unit (SEU) Undip tahun 1987, Dekan Fakultas Sastra Undip tahun 1989-1992 dan pernah pula menjabat sebagai Ketua UPT Bahasa Asing Undip tahun 1993.

Almarhumah adalah putri dari R. Ismoen, keturunan ke delapan Raja Mataram Islam Amangkurat IV. Meninggal dunia dalam usia 87 tahun (1933-2020) dan meninggalkan dua orang putri dan seorang putra yaitu Dr. Cita Wahyu SP, THT, dr. Iris Sarwastuti, MMR dan dr. Arya Hasanuddin. Semoga almarhumah husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran.