Sekolah Vokasi dari Universitas Diponegoro memiliki tim Eco Car Team yang bergerak di bidang mobil hemat energi. Tim SEMAR Car dibentuk pada tahun 2020 oleh mahasiswa D3 Teknik Kimia dan Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI) Sekolah Vokasi Undip.

Tim SEMAR Car ingin turut berkontribusi lebih dalam pengembangan mobil irit bahan bakar di Indonesia. Hal ini muncul karena kurangnya kesadaran orang Indonesia akan pencemaran lingkungan akibat gas emisi hasil buangan pembakaran mesin mobil. tim Chem-e-Car yang berhasil membuat sebuah prototipe mobil dengan bahan bakar kimia yang mengahasilkan gas buang ramah lingkungan.

Tim SEMAR yang terdiri dari Yosy Hartono Wibowo, Maula Nazri Affandi, Ovika Sita Widi Astuti,  Shelvin Putri Hariyatno dan Jelita Mutiara Hati, menyematkan nama SEMAR pada mobil kimia tersebut terinspriasi dari wayang yang memilki nama yang sama dan dilakukan pembentukan mobil menyerupai ukuran wayang tersebut dengan ciri khas bagian belakang yang besar dan pada mobil menempatkan sebuah reaktor pada bagian belakang.

Kedepankan Inovasi

Mobil SEMAR digerakkan dengan adanya tekanan yang dihasilkan oleh reaksi kimia yang memanfaatkan reaksi dekomposisi Hidrogen Peroksida (H2O2) dan Kalium Pemanganat (KMnO4). Pada pereaksian bahan kimia tersebut dilakukan di reaktor yang mengasilkan gas oksigen (O2) bertekanan dan air (H2O).“

inovasi ini menghasilkan gas buang yang bertekanan dan ramah lingkungan yang dapat menggerakan sebuah prototipe” kata Yosy Hartono Wibowo, selaku ketua tim SEMAR. Tekanan yang dihasilkan akan menggerakan pneumatic silinder yang merupakan komponen penggerak mobil SEMAR ini.

Selain dilengkapi dengan komponen penggerak, SEMAR dilengkapi dengan komponen keamanan safety valve yang dapat mengeluarkan gas bertekanan yang melebihi batas maksimum pada reaktor ke titik aman untuk menghindari error system.

“Jadi keunggulan dari mobil semar ini selain menghasilkan emisi yang ramah lingkungan yaitu penggunakan bahan bakar yang lebih sedikit namun dapat menempuh jarak yang lebih jauh,” kata dia.

Dia menyatakan bahwa mobil memiliki penyaring udara dengan tujuan untuk menyaring gas buang agar gas buang tersebut bersih dan tidak menimbulkan korosi pada komponen lain.

Yosy Hartono Wibowo : 089669151913