Artificial Intelligence (AI) atau disebut juga sebagai kecerdasan buatan adalah kemajuan teknologi umat manusia yang diharapkan dapat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan. Kecerdasan buatan memberikan interaksi yang mirip dengan manusia melalui software (perangkat lunak) dan memberikan alternatif solusi pendukung untuk pekerjaan tertentu. Kecerdasan buatan kini telah diterapkan pada pemasaran online dan aplikasi perbankan di Indonesia. Di masa mendatang, Indonesia ingin menerapkan kecerdasan buatan di berbagai keperluan.

Untuk mendukung kecerdasan buatan di Indonesia, Departemen Matematika  Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro pada hari ini (01/04/2021) melakukan perkuliahan umum  bertajuk “Visiting Lecturer: Quadratic Programming for Machine Learning”. Dekan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Widowati, S.Si., M.Si. menyambut hal baik ini dengan menyebutkan betapa pentingnya meningkatkan inovasi dalam teknologi yang bisa diterapkan pada masalah yang nyata dengan matematika. Dosen tamu yang memberikan paparan materi berasal dari School of Mathemathics and Basic Science Quest International University Malaysia yaitu Dr. Goh Khang Wen. Machine Learning merupakan bagian dari kecerdasan buatan yang memiliki sistem kemampuan untuk belajar secara otomatis dari pengalaman tanpa diprogram secara eksplisit. Sedangkan, Quadratic Programming merupakan optimasi matematika yang dapat diterapkan dalam berbagai masalah, misalnya pada statistik pemasangan kurva atau pada mesin yaitu sebagai mesin penghitung vektor pendukung atau pada robotika untuk menyelesaikan kinematika terbalik. Dengan menerapkan Quadratic Programming pada Machine Learning, Kecerdasan Buatan akan dapat memberikan alternatif solusi lebih baik dalam menyelesaikan pekerjaan tertentu.

Prof. Dr. Widowati, S.Si., M.Si. dengan semangat menyampaikan kontribusi Fakultas Sains dan Matematika dalam peran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan menstimulasi kolaborasi-kolaborasi pembelajaran yang tentunya akan berguna untuk dosen dan mahasiswa program matematika. Melalui program Visiting Lecturer, Fakultas Sains dan Matematika menyediakan wadah brainstorming dalam bidang sains dan matematika sekaligus menjadi misi untuk mendorong mahasiswa yang memiliki kemampuan tinggi pada matematika sehingga menjadi lulusan yang berkualitas. Kedepannya, program ini diharapkan dapat meningkatkan riset dalam matematika dan memperluas kesempatan kerjasama antara Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro dan School of Mathemathics and Basic Science Quest International University Malaysia.

Sebagai bentuk komitmen akan kontribusi Fakultas Sains dan Matematika untuk mendukung riset matematika dan kolaborasi yang semakin luas, pada tanggal 10 April 2021 akan dilaksanakan juga Visiting Lecturer yang membahas Dynamical System and Its Application dan dilaksanakan oleh program studi Magister Matematika. Dari Departemen Statistika pada hari yang sama akan mengadakan Pelatihan Pembuatan Aplikasi Olah Data Spasial Menggunakan R-Shiny. Dengan program-program yang dilaksanakan oleh Fakultas Sains dan Matematika ini, diharapkan dapat mendorong kemajuan inovasi teknologi yang dapat diterapkan pada permasalahan nyata di Indonesia dan internasional. (Diska-Humas)