, ,

Rektor UNDIP Ajak Warga Kampus Jadi Pribadi Yang Lebih Baik dan Prestatif

UNDIP (Kamis, 18/4) – Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. bersama dengan keluarga besar Universitas Diponegoro menggelar acara Halal Bihalal bertempat di gedung baru yakni Muladi Dome Gedung Serbaguna (GSG) Universitas Diponegoro Tembalang, Semarang.

Acara bertema “Membentuk Pribadi Prestatif dengan Semangat Ramadan dan Silaturahmi” dihadiri segenap civitas academica dan  tenaga kependidikan UNDIP, serta tamu undangan dari luar seperti Kepala Camat Tembalang, Kepala Polsek Tembalang, Danramil (Komandan Rayon Militer) Tembalang, Lurah Tembalang dan Bank Mitra UNDIP beserta jajarannya.

Harapannya dengan dilaksanakan halal bihalal bersama, pegawai UNDIP mempunyai semangat kebaikan dan semangat kolaborasi untuk menjadi pribadi yang prestatif dengan peran dan kontribusi masing-masing tentunya dalam rangka demi kemajuan Universitas Diponegoro.

Mengawali sambutannya, Rektor UNDIP menyampaikan selamat datang di Gedung Muladi Dome. “Alhamdulillaah wa syukurilah, kita bersyukur bisa berkumpul dan menikmati Gedung baru UNDIP. Semua itu merupakan upaya segenap civitas academica Universitas Diponegoro. Gedung ini menjadi bukti jika UNDIP bersatu padu mampu membuat sesuatu yang spektakuler, maka pesan saya jaga selalu persatuan dan kesatuan,” ucap Prof Yos.

“UNDIP itu rangkingnya naik terus, bahkan banyak yang berkeinginan untuk masuk UNDIP terbukti menjadi PTN (Perguruan Tinggi Negeri) favorit yang banyak diminati. Universitas Diponegoro menempati peringkat kedua pendaftar terbanyak (https://www.undip.ac.id/post/34250/keren-undip-nomor-2-pendaftar-terbanyak-snbp-2024.html) melalui jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) se-Indonesia,” imbuh Rektor UNDIP bangga.

Mahkotanya seorang manusia sekaligus sebagai pegawai UNDIP adalah kemampuannya membahagiakan orang lain. Mendoakan gedung ini bisa komersial dan memperoleh pendapatan yang maksimal sehingga UNDIP mampu memberikan kesempatan biaya kuliah gratis untuk mahasiswa yang memiliki keterbatasan dan berhak menerimanya. Begitu juga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi pegawai. Diharapkan seluruh pegawai untuk selalu bersyukur sebagai makhluk ALLAH dan bekerja keras menjaga prestasinya.

Lebih lanjut Prof Yos mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya selaku Rektor mewakili pribadi, manajemen maupun keluarga bila ada kesalahan atau hal yang kurang berkenan mungkin dalam kebijakan, lisan maupun tingkah laku selama menjalankan amanah sebagai Rektor UNDIP.

Sementara saat sesi uraian hikmah halal bihalal oleh Kyai Dr. In’amuzzahidin Masyhudi, M.Ag. menyebutkan bahwa tema hari ini ada dua yakni satu, membentuk pribadi prestatif dan yang kedua silaturahmi. Ada tiga tingkatan ikhlas, selama ramadan orang beribadah satu bulan itu diajarkan bagaimana kita menjadi orang yang ikhlas. Karena ibadah puasa termasuk ibadah spesial yang hanya diketahui oleh Allah dan kita saja. Sehingga puasa menjadikan pembuktian keikhlasan seorang hamba dalam beribadah untuk masuk surga dibahasan yang pertama.

“Tingkatan orang ikhlas dibagi menjadi tiga sesuai kitab Al-Hikam yaitu tingkatan ikhlas yang pertama pada orang beribadah orientasinya hanya mencari ganjaran pahala seperti shalat, umrah, haji, membaca Alqur’an dan lain sebagainya. Mari kita tingkatkan ikhlas yang kedua dengan mengharap cintanya Allah, beribadah tidak hanya harapkan pahala saja. Terakhir ikhlasnya orang-orang yang makrifat, tidak hanya mengharapkan ganjaran maupun cintanya Allah melainkan hanya mengharap ridhoNya Allah,” tambahnya.

Kedua, silaturahmi adalah salah satu cara masuk surga. Ketiga, menyebarkan salam (tebarkan perdamaian). Selanjutnya yang keempat berilah makan dan memuliakan tamu. Terakhir shalatlah pada malam hari ketika yang lain masih terlelap tidur, maka kamu akan masuk surga dengan selamat” pungkas Kyai In’am di akhir tausiyahnya. (DHW- Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News