Pada hari Sabtu (10/04) Departemen Statistika melaksanakan pelatihan secara daring berupa pemanfaatan R-Shiny untuk mengolah data spasial dalam pembuatan aplikasi. Ketua Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Komputasi Statistika dan Data Sains, Dr. Budi Warsito, S.Si., M.Si., menjelaskan dalam sambutannya bahwa terdapat 4 KBK di Jurusan Statistika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro, yaitu Statistika Industri, Statistika Keuangan, Statistika Pemerintahan dan Statistika Komputasi dan Data Sains. Kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian yang dilakukan oleh tim dosen KBK Statistika Komputasi dan Data Sains. Kegiatan ini rutin diselenggarakan oleh masing-masing tim dosen KBK sebagai bentuk pengabdian untuk memberikan dampak baik kepada masyarakat di setiap semester.

R-Shiny merupakan pengembangan untuk bahasa pemrograman R yang biasanya digunakan untuk perangkat lunak dan analisis statistika. R adalah bahasa pemrograman yang tingkatnya di bawah Python sehingga pelatihan ini sangat berguna untuk dapat digunakan dalam semua program yang menggunakan R.  Dr. Budi Warsito, S.Si., M.Si., menyebutkan melalui pelatihan ini dimaksudkan untuk menjadikan Program R menjadi user friendly dengan memanfaatkan R-Shiny yang hubungannya dengan user interface. Sehingga, pada saat pelatihan ini selesai, hasilnya dapat diaplikasikan pada semua yang menggunakan pemrograman R.

Dr. Budi Warsito, S.Si., M.Si., menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan secara daring mengingat situasi di Indonesia yang masih terdampak oleh Covid-19. Akan tetapi, merupakan hikmah tersendiri mengingat pelatihan ini membutuhkan peralatan yang tidak sederhana dimana jika dilakukan secara luring, peserta akan dibatasi menyesuaikan peralatan yang ada. Sedangkan, saat dilakukan secara daring, peserta dapat melakukannya dari rumah masing-masing dan tidak terbatas oleh peralatan yang ada. Oleh karena itu, dengan adanya pelatihan ini, dapat bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan. (Diska-Humas)