Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dilaksanakan serentak mulai tanggal 12 April 2021 lalu. Di antara ribuan peserta yang mengikuti UTBK pada hari ini ke-3, Rabu (14/4), terdapat seorang peserta menggunakan kursi roda pasca kecelakaan. Beruntung hari ini  dapat mengikuti UTBK di Laboratorium E-Learning Gedung ICT Kampus Undip Tembalang.

Chantika Diffa Raihan, salah seorang peserta UTBK tersebut mengikuti UTBK di Universitas Diponegoro Semarang berasal dari SMA Teuku Umar Semarang Jawa Tengah. Dengan bantuan kursi roda pasca kecelakaan kendaraan bermotor,   Chantika nama panggilan peserta tersebut begitu semangat mengikuti UTBK untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Chantika sendiri dalam seleksi SBMPTN kali ini memilih prodi pilihan pertama yaitu S1 Kesehatan Masyarakat FKM Undip.

Di lain kesempatan, Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama mengatakan bahwa dalam pelaksanaan UTBK,Undip ramah difabel. Untuk itu, Undip telah menyiapkan fasilitas yang diperlukan mulai dari lokasi, alat khusus dan pemrograman serta sarana prasarana pendukung lainnya.

Panitia juga menyiapkan petugas khusus untuk membantu kebutuhan peserta difabel dan juga peserta yang menggunakan kursi roda karena kecelakaan. “Dengan demikian, peserta difabel dan yang berkebutuhan khusus,juga peserta yang menggunakan kursi roda karena kecelakaan dapat mengikuti UTBK dengan nyaman dan lancar,” ucap Prof Yos saat wawancara eksklusif di FH Undip. ( okto-humas)