SEMARANG- Upaya peningkatan kualitas mahasiswa dalam bidang prestasi akademik dan non akademik bisa dilakukan dengan banyak cara. Tidak hanya terbatas melalui peningkatan kualitas mengajar di dalam kelas tetapi bisa juga dilakukan dengan mengadakan berbagai macam lomba yang bisa menarik minat para mahasiswa untuk mengikutinya.

Hal itu pula yang dilakukan Program Studi (Prodi) S1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (UNDIP). “Tanpa mengabaikan upaya perbaikan proses belajar mengajar yang ada, kami juga berkomitmen terus untuk memberi ruang kepada mahasiswa meningkatkan kemampuannya melalui lomba,” ujar Ketua Prodi S1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang FIB Undip, Budi Mulyadi S.Pd M.Hum, Selasa (3/8/2021).

Kali ini, FIB Undip menginisiasi diselenggarakannya lomba penulisan essay dan video presentasi bagi semua mahasiswa jurusan bahasa Jepang yang ada di Indonesia. Cakupan kepesertaannya meliputi mahasiswa sastra Jepang, bahasa dan kebudayaan Jepang, serta mahasiswa pendidikan bahasa Jepang yang ada di Indonesia.

Pendaftaran untuk lomba tingkat nasional ini akan dimulai pada 20 September 2021 dan ditutup 17 Oktober 2021. Dilanjutkan dengan masa penjurian pada 18 – 24 Oktober 2021. “Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 25 Oktober 2021,” Budi Mulyadi menambahkan.

Mengenai alasan digelarnya lomba penulisan essay dan pembuatan video presentasi bagi mahasiswa program studi bahasa, sastra, budaya dan pendidikan Jepang, dilandasi pertimbangkan untuk meningkatkan gairah mahasiswa dalam mempelajari bahasa dan kebudayaan Jepang.

Budi Mulyadi berharap lomba-lomba sejenis akan semakin banyak, sehingga ruang bagi ajang prestasi mahasiswa studi tentang Jepang lebih lengkap. Lomba sejenis yang diharapkan terutama untuk tingkat regional maupun tingkat nasional. (tim humas)