Nosa Putri Syalsabila, Mahasiswa Kuliah Kerja Nya Tim II Universitas Diponegoro, melaksanakan KKN di Desa Kadipaten, Selomarto, Kabupaten Wonosobo. Program kerja yang dilaksanakan adalah sosialisasi GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan), pemberdayaan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 melalui pembuatan produk olahan hasil perikanan, edukasi  mengenai menjaga sistem imun tubuh melalui konsumsi ikan setiap hari sebagai upaya pencegahan Covid-19 dan membuat poster yang menjelaskan  mengenai manfaat mengkonsumsi ikan.

Salah satu potensi yang ada di Desa Kadipaten adalah  hasil budidaya ikan air tawar seperti ikan lele dan ikan nila. Nosa pun berinisiatif untuk mengajak Ibu-Ibu PKK untuk mengolah ikan lele menjadi produk nugget ikan yang kaya akan nutrisi. Dalam sosialiasi melalui daring ia menyampaikan di masa pandemi saat ini, imun tubuh harus dijaga salah satunya dengan mengkonsumsi ikan.  Manfaatnya antara lain menjaga sistem imun tubuh, mengurangi resiko kardiovaskular dan untuk kecerdasan otak. Ikan mengandung banyak nutrisi seperti protein, Vitamin A, Vitamin D, asam lemak tak jenuh, omega-3, Vitamin B6 dan B12.

Dalam video tutorial pembuatan nugget lele yang diunggahnya di channel youtube, Nosa menjelaskan resep membuat nugget lele ini cukup mudah dengan bahan dasar sederhana.  Ikan lele dicuci bersih kemudian dikukus, lalu haluskan. Ikan lele  dicampur dengan bumbu-bumbu, bawang merah, bawang putih, telur, tepung tapioka, lada, penyedap rasa, dan garam dicampur dalam wadah diaduk hingga rata. Lalu dikukus sampai matang, baru di potong-potong sesuai selera. Setelah itu, nugget dicelupkan dalam wadah berisi putih telur, dibaluri tepung roti. Nugget digoreng dan dapat dinikmati.

Tutorial membuat nugget ikan lele oleh Nosa dapat diakses di laman  https://www.youtube.com/watch?v=0Av7EhsfqxU. (Linda Humas)