“Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau KNMIPA merupakan lomba tingkat mahasiswa yang mengujikan salah satu mata bidang kimia, fisika, biologi, dan matematika. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Bentuk kompetisi sifatnya individu dan berupa mengerjakan soal. Untuk bentuk soal masing-masing bidang berbeda, ada yang pilihan ganda, esai singkat, maupun esai komprehensif” tutur Ahmad Ibnu Fahlan, mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro yang mendapatkan Honorable Mention KNMIPA Jenjang Pendidikan Tinggi Tahun 2021.

“KNMIPA ini adalah lomba pertama saya saat menjadi mahasiswa. Sebelumnya, saat SMA sudah pernah mengikuti Olimpiade Sains Nasional bidang kimia tingkat nasional di tahun 2019 namun belum mendapat juara. Ketika menjadi mahasiswa, alhamdulillah saya menjadi salah satu Honorable Mention dari 65 peserta yang lolos nasional” lanjutnya.

Ahmad mengatakan, hal yang menarik belajar di teknik kimia adalah bagaimana cara merealisasikan produk kimia supaya bisa diproduksi dalam skala besar dan pastinya mendapatkan keuntungan.

Prestasi ini tentunya tidak hanya menjadi kebanggaan baginya, tetapi juga bagi Universitas Diponegoro dan jurusan Teknik Kimia. Ia berharap bagi seluruh mahasiswa Undip, untuk tidak takut berlomba di lingkup besar. Yang terpenting dalam perlombaan adalah relasi yang didapat setelahnya. “Jadikan lawan sebagai kawan setelah perlombaan usai, kenali juga potensi diri dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa” pungkasnya. (Linda Humas)