Semarang, Jawa Tengah (1/9). Universitas Diponegoro (Undip) menggelar acara Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Diponegoro Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) dan Sekolah Vokasi, serta Lepas Sambut Peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Tahun Akademik 2021/2022 secara daring pada Selasa (1/9).

Rektor Undip Prof. Yos Johan, SH., M.Hum mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru atas perjuangannya sehingga diterima melalui PSDKU Undip yang berlokasi di Pekalongan, Batang dan Rembang,kelas kerjasama kampus Demak dan program Vokasi di kampus utama Undip.

“Saya sampaikan selamat datang dan selamat bergabung dengan Undip”, tambah Rektor Undip yang kerap disapa Prof. Yos.

Lebih lanjut Prof Yos menyampaikan bahwa Undip siap mendidik dan membekali mahasiswa dengan pengetahuan akademik, akhlak, pendidikan karakter dan skill untuk siap kerja.

“Undip berkomitmen mendidik dan membekali mahasiswanya dengan akhlak dan akademik, serta membekali dengan kemampuan untuk siap bekerja”, terang Prof Yos.

Oleh karenanya Undip melarang kegiatan perpeloncoan untuk mahasiswa baru yang dipandang bukan sebagai bagian membentuk mahasiswa yang berkarakter. Undip juga akan menindak tegas kepada mahasiswa yang melakukan perpeloncoan pada mahasiswa baru, termasuk juga pada dosen yang membiarkan adanya kegiatan perpeloncoan.

Sementara itu, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Undip Prof. Budi Setiyono, S.Sos, M.Pol.Admin, Ph.D dalam laporannya menyampaikan jumlah mahasiswa baru Undip tahun akademik 2021/2022 berjumlah 561 orang, terdiri dari Program Diploma 3 Kampus Batang sejumlah 144 orang, Program Diploma 3 Kampus Pekalongan 86 orang, Program Diploma 3 Kampus Rembang 68 orang, Program Kerjasama Kampus Demak 45 orang, Program Sarjana FISIP Kampus Rembang 82 orang, dan Program Vokasi – Sekolah Vokasi sebanyak 136 orang.

“Para mahasiswa baru secara resmi akan dikukuhkan menjadi mahasiswa sekaligus menjadi bagian dari 63.381 mahasiswa Undip tahun ini” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kesekretariat dan Protokol Undip Dr. Agus Suherman,S.Pi.,M.Si menambahkan mahasiswa baru selanjutnya wajib mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) pada tanggal 1-2 September 2021, dan Kegiatan Pendidikan Karakter (Pendikar) akan dilaksanakan pada tanggal 3-5 September 2021 secara online di fakultas/sekolah/ program studi masing-masing. (Utami/Linda Humas)