Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober. Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengingat betapa pentingnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa, termasuk penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi. Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Universitas Diponegoro melaksanakan upacara di  Stadion Unversitas Diponegoro, Sabtu (1/10).

“Mempertahankan Pancasila adalah dengan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pelajaran yang hebat kepada murid-murid, dengan menyisipkan nilai-nilai Pancasila pada saat perkuliahan melalui cara-cara yang menginspirasi dan halus disertai contoh-contoh dari pendahulu kita. Serta upayakan membahas segala sesuatu selalu dengan musyawarah mufakat, baik itu dalam pemilihan rektor, dekan, dan sebagainya, utamakan kepentingan Undip di atas kepentingan-kepentingan pribadi atau golongan” tutur Rektor dalam sambutannya.

Prof. Yos juga menyampaikan Undip akan meluncurkan bus gratis untuk mahasiswa. Langkah kecil tersebut merupakan salah satu bentuk kasih sayang sebagai wujud pengamalan Pancasila. Undip juga memberikan pelayanan kesejahteraan berupa makanan bergizi bagi mahasiswa.

“Dari upaya-upaya yang telah kita lakukan adalah untuk memberikan, sinyal atau pesan kepada para mahasiswa, bahwa nilai-nilai Pancasila penuh kasih sayang. Semoga dengan kurukunan, rasa saling mengasihi serta dengan menegakkan, mengembangkan, serta mengamalkan  nilai Pancasila, Undip akan lebih maju, negara aman dan makin sejahtera” pungkasnya. (Lin-Humas)