,

UPT Perpustakaan dan UNDIP Press Berikan Tips Sukses Menulis Tesis dan Disertasi

Aktif memberikan pengetahuan di bidang akademik, UPT Perpustakaan dan Undip Press kembali menggelar webinar series dengan mengundang penulis karya ilmiah, Dr. Gesang Setyadi yang saat ini menjabat sebagai Vice President Environmental PT. Freeport Indonesia. Webinar Series ke-27 bertemakan “Sukses Menulis Tesis dan Disertasi” ini diselenggarakan melalui aplikasi Zoom Meeting (05/09).

Laporan penyelenggaraan kegiatan disampaikan oleh Ketua Pelaksana Webinar Series ke-27, Pujo Winarno, S.Kom yang menyebutkan tema acara yang diambil cukup menarik karena penulisan tesis dan disertasi ini menjadi persyaratan untuk menyelesaikan studi baik S2 maupun S3. Selain itu,  1305 peserta telah bergabung di zoom meeting dan Dr. Gesang Setyadi turut hadir sebagai pembicara webinar yang professional di bidang penulisan ilmiah.

Kepala UPT Perpustakaan dan Undip Press, Suwondo, S.S., M.Kom menyambut baik kegiatan acara ini “Terima kasih kepada para peserta yang hadir dan para panitia yang mempersiapkan acara Webinar Series ke-27 hari ini. Dengan mengambil tema Sukses Menulis Tesis dan Disertasi ini tidak lepas dari permintaan beberapa mahasiswa yang ingin memahami bagaimana disertasi dari tahap publikasi sampai dengan jurnal yang nanti bisa didiskusikan dengan narasumber kita Dr. Gesang Setyadi” ucapnya.

Narasumber Webinar Series ke-27, Dr. Gesang Setyadi telah menulis 6 publikasi terindeks dan 4 diantaranya sebagai penulis pertama, menjadi penulis buku tentang keanekaragaman hayati laut Taman Nasional Laut Cenderawasih, menjadi penulis utama buku Biota Aquatic bersama peneliti dari LIPI Dwi Listyo Rahayu, dan saat ini sedang menyusun buku tentang mangrove. Dr. Gesang juga merupakan mahasiswa yang masuk dalam kategori paling cepat menyelesaikan skripsi saat kuliah S1 di Undip.

Dr. Gesang Setyadi menyampaikan ada dua pokok pembahasan yang akan didiskusikan dalam pemaparan materinya yaitu, bagaimana menulis tesis dan disertasi yang baik serta publikasi jurnal internasional, “Saat menulis tesis dan disertasi, hal pertama yang dilakukan adalah membuat perencanaan. Masih banyak mahasiswa yang bingung mengenai topik penelitian karena dalam memilih suatu topik harus melihat pada banyak hal diantaranya adalah kemampuan untuk melaksanakan penelitian, biaya yang dikeluarkan untuk penelitian, dan pikiran yang rasional. Kita harus fokus pada penelitian dan berpikir secara rasional dalam memilih topik yang sesuai dengan kemampuan dari sisi waktu dan finansial.” tuturnya.

Dalam membuat penelitian, pemilihan metode juga sangat penting untuk mempermudah pengerjaan penelitian karena metode yang dipakai akan berhubungan erat kaitannya dengan referensi penelitian. Pemilihan metode yang asal-asalan akan berpengaruh pada sulitnya membuat publikasi internasional. Harus dipastikan ketepatan dasar keilmuannya sehingga pada saat metode tersebut diimplementasikan, tidak menjadi pertanyaan kembali karena memang idealnya harus ada beberapa referensi yang sesuai dengan standar. Vice President Environmental PT. Freeport Indonesia itu memaparkan strategi menyelesaikan disertasi dengan cepat berdasarkan pengalamannya, “Kalau ingin cepat selesai dan mendapatkan nilai yang bagus, gunakan saja bahasa Inggris. Sebenarnya saya pada saat disertasi requirementnya cukup menggunakan bahasa Indonesia,  tetapi akhirnya saya gunakan bahasa Inggris meskipun pada saat membuat proposal menggunakan bahasa Indonesia, tetapi karena publikasi saya waktu itu sudah terbit 3 jadi saya langsung gunakan Bahasa Inggris, hal tersebut akan memudahkan saya karena hanya copy paste saja dari apa yang sudah saya publikasikan.” ucapnya.

Dr. Gesang Setyadi juga menambahkan, selain pemilihan metode, time management juga merupakan hal yang penting dalam menyusun penelitian, diperlukan dedikasi waktu khusus untuk fokus dalam mengerjakan penelitian. (Afifah-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News