Serangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 tahun 2022 yang diselenggarakan sejak tanggal 30 November 2022 hingga 04 Desember 2022 oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah sampai pada puncaknya.

Closing ceremony PIMNAS ke-35 digelar secara luring di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan juga disiarkan secara langsung melalui Official Youtube Universitas Muhammadiyah Malang, Sabtu (03/12).

Dalam ajang ilmiah tahunan berskala nasional tersebut, sebanyak 10 Tim Kontingen Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Diponegoro (Undip) berhasil meraih total 3 medali yakni untuk kategori presentasi sebanyak 1 medali perunggu dan kategori poster sebanyak 2 medali emas. Berikut daftar peraih medali yang berhasil diraih oleh Tim Kontingen PKM Undip dalam PIMNAS ke-35, yaitu:

1. Medali Emas Kategori Poster (PKM PM)

Ketua: Khanuun Maulida Puspita Hasyim (FT)

Anggota: Addien Safriya Ramadhani (FEB), Felisiana Ardelia Azzahra (FT), Ahmad Reihan Alavi (FSM)

Dosen Pembimbing: Dania Eridani, S.T., M.Eng.

Judul : Mertamu Budaya: Digitalisasi Edukasi Berbasis Board Game sebagai Katalisator Pengenalan dan Pelestarian Budaya Indonesia di Kbsi Semarang

 

2. Medali Emas Kategori Poster (PKM RE)

Ketua: Sayu Trisya Anggun Yunita (FSM)

Anggota: Zakiyyah Rana Danti (FSM), Setya Rahma Nur Istiqomah (FSM), Adam Ghilbran (FSM), Safiya Akmal (FSM)

Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Agus Subagio, S.Si., M.Si.

Judul: Studi Efektivitas Ekstrak Daun Binahong Terenkapsulasi Nanokitosan dengan Metode Gelasi Ionic sebagai Material Salep Luka Diabetes

 

3. Medali Perunggu Kategori Presentasi (PKM VGK)

Ketua: Naufal Aziz Rosul Sayyaf (FH)

Anggota: Dian Komalasari (FIB), Ishmah Hakini Wairagya (FIB), Mohamed Farrel Avicennna Barnard (FH)

Dosen Pembimbing : Muhamad Azhar, S.H., L.L.M.

Judul: Swarna Marcapada sebagai Konsep Perlindungan Kawasan Geopark dalam Menanggulangi Dampak Perubahan Iklim Berbasis Prinsip Kearifan Lokal

PIMNAS ke-35 tahun 2022 merupakan kompetisi ilmiah paling bergengsi yang diikuti mahasiswa tingkat nasional yang digelar setiap tahunnya oleh Kemendikbudristek. Kompetisi ini kurang lebih berjalan selama 5 sampai 7 bulan sejak Proposal kelulusan diumumkan. Pada penyelenggaraan PIMNAS tahun 2022 ini, Kemendikbud Ristek pada akhir telah menerima proposal sebanyak 67.722 Proposal yang melibatkan mahasiswa 283.463 berasal dari 1.178 Perguruan Tinggi negeri dan swasta diseluruh Indonesia.

Setelah proses seleksi, Kemendikbud Ristek hanya mendanai 5.432 Proposal yang berasal dari 452 Perguruan Tinggi. Dari jumlah proposal yang didanai oleh kementerian tersebut kemudian diseleksi lagi untuk mengikuti PIMNAS ke-35, yang telah diikuti sebanyak 374 tim finalis yang berasal dari 97 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

 

Share this :