, , ,

Bahas Kerja Sama Baru, Fakultas Teknik UNDIP Terima Kunjungan dari Curtin University

Rabu, 14 Juni 2023, Fakultas Teknik Undip mendapatkan kunjungan dari Curtin University. Acara kunjungan tersebut berlangsung di R. Senat, Gedung Dekanat Lt. 3. Dalam acara tersebut, turut hadir Wakil Dekan Riset dan Pengembangan dan Direktur dari Curtin Malaysia Graduate School, Prof. Agus Saptoro bersama Ms. Patricia Kelly dari Global Curtin sebagai perwakilan dari Curtin University.

Acara ini merupakan bentuk tindak lanjut dari inisiasi kerja sama yang sudah terjalin sebelumnya antara Fakultas Teknik Undip dan Curtin University. Selain itu, tim Kantor Urusan Internasional (International Office) Fakultas Teknik, para ketua program studi, dan mahasiswa program sarjana internasional (International Undergraduate Program, IUP) juga turut diundang untuk mendengarkan paparan mengenai skema mobilitas baru yang ditawarkan Curtin University kepada Fakultas Teknik, di mana salah satunya adalah Double Degree dan International Credit Transfer.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc., Ph.D. menyambut baik kunjungan dari Curtin University kali ini. Menurutnya, kedatangan dari salah satu mitra luar negeri Fakultas Teknik ini merupakan momen yang bagus bagi para mahasiswa untuk menyiapkan diri agar bisa belajar di salah satu kampus terbaik di Australia tersebut. Baginya, mahasiswa program sarjana internasional dapat memenuhi kewajiban mereka untuk melakukan international exposure di Curtin University. “Bagi mahasiswa IUP, wajib hukumnya untuk mendapatkan international exposure. Jika ada kesempatan untuk belajar di Curtin, raihlah kesempatan itu,” ucap Prof Agung.

Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr.nat.tech Siswo Sumardiono, S.T., M.T. (kiri) bersama Prof. Agus Saptoro dari Curtin University sedang berdiskusi dengan para tamu undangan.

Selama ini, Fakultas Teknik sudah menjalin kerja sama dengan Curtin University di beberapa bidang, seperti riset dan pendidikan. Hal ini bisa dilihat dari berjalan suksesnya program Double Degree yang dilaksanakan oleh Departemen PWK dan Departemen Teknik Kimia dengan Curtin University. Pada kunjungan kali ini, Prof Agung juga berharap semoga kesempatan kerja sama yang lebih luas bisa terwujud ke depannya. “Semoga ke depannya kita bisa melakukan kerja sama-kerja sama lain, seperti melakukan capacity building bagi dosen dan staf maupun program Double Degree dan Credit Transfer System dengan departemen lainnya,” ucapnya.

Perwakilan dari Curtin University, Prof. Agus Saptoro, juga mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Teknik Undip. Menurut beliau, Undip merupakan salah satu mitra strategis Curtin University di Asia Tenggara. Sebagai mitra strategis, sudah sepatutnya Curtin University menjaga relasi yang sudah tercipta dengan melakukan tindak lanjut untuk mengecek sejauh mana kerja sama yang sudah disepakati selama ini berjalan. Ia berharap, kerja sama antara Curtin University dan Fakultas Teknik bisa berjalan dengan baik. “Mari kita mengubah kompetisi yang ada menjadi kolaborasi,” pungkasnya. 

Sumber: FT Undip

Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait