, , ,

PSDKU UNDIP Batang Upgrading D3 menjadi D4 (Sarjana Terapan)

Universitas Diponegoro (Undip) melaksanakan audiensi bersama Pemerintah Kabupaten Batang pada Senin, 24 Juli 2023 bertempat di Ruang Sidang Rektor, Gedung Widya Puraya, Undip, Semarang. Dari pihak Undip, audiensi ini dihadiri oleh Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D., Wakil Rektor Sumber Daya Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T., Kepala BPP Undip, Ketua LPPSDKU, dan Sekretaris LPPSDKU. Sementara Tim Pemerintah Kabupaten Batang diwakili oleh Pj. Bupati Batang Dra. Lani Dwi Rejeki, M.M., Pj. Sekja Batang, Kepala BPKPAD Batang, Plt. Kepala Disdikbud Batang, Kepala Disnaker beserta jajaran tim. Audiensi antara Pemkab Batang dengan Undip membahas pengembangan PSDKU terutama kampus PSDKU Undip yang berada di Desa Tumbrep, Kabupaten Batang.

Mengacu pada anjuran Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk dilakukannya upgrading Diploma 3 (D3) menjadi Sarjana Terapan (D4), Undip bersama Pemkab Batang membahas pengembangan PSDKU Undip Batang. Nantinya secara perlahan program D3 diganti dengan program Sarjana Terapan (D4), dilengkapi dengan penguatan kompetensi dan sertifikasi.

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. menyatakan bahwa kuota prodi di PSDKU melihat animo masyarakat setempat. “Kampus PSDKU tetap berjalan, baik yang di Batang, Rembang dan Pekalongan. Kita bekerja sama dengan institusi dan juga industri,” ucap Prof Yos.

Dra. Lani Dwi Rejeki, M.M. selaku Pj. Bupati Batang menyebutkan bahwa melalui audiensi ini kekhawatirannya sudah terjawab, mengenai kampus PSDKU yang mulai menerima calon mahasiswa program D4. “Terdapat Kawasan Industri Terpadu Batang yang tengah berkembang dan membutuhkan banyak SDM, tentu harus kita persiapkan sejak dini. Harapan kami dari Pemkab Batang, PSDKU Undip Batang dapat menjawab tantangan kebutuhan SDM di industri tersebut. Kita kaji bersama-sama pola kerja samanya,” kata Dra. Lani.

Undip sebagai perguruan tinggi peringkat ke-1 di Indonesia dalam kategori Graduate Employability Rankings 2022 oleh QS WUR, dengan mahasiswa tercepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus, menjawab tantangan global untuk bersinergi dengan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri). Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D. menjelaskan PSDKU Undip di bawah arahan Ditjen Vokasi dan sedang mengusahakan akreditasi untuk program D4 yang termasuk prodi baru.

Wakil Rektor Sumber Daya Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T. menambahkan bahwa Undip berusaha menjalankan tanggung jawab untuk turut memajukan Kabupaten Batang. Harapannya, prodi di PSDKU Undip dapat memberikan lulusan siap kerja di Kabupaten Batang dan dapat menggandeng masyarakat Batang agar dapat ikut berperan.

Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA, Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Undip menyebutkan ada master plan pengembangan prodi D4, maupun kombinasi dengan prodi S1 dan S2. “Tujuan utamanya untuk ikut dalam pengembangan Kawasan Industri Terpadu Batang,” ungkapnya. (Titis/Public Relations)

Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait