, , ,

Dosen Vokasi UNDIP Borong Penghargaan dari DIKSI Kemendikbudristek 2023

Tiga Dosen Sekolah Vokasi UNDIP yakni Mohamad Endy Yulianto, S.T., M.T. dan Dr.Eng Vita Paramita, S.T., M.M., M.Eng dari prodi Teknologi Rekayasa Kimia Industri; serta Dista Yoel Tadeus, S.T., M.T. dari prodi Teknik Listrik Industri menerima penghargaan di bidang Kekayaan Intelektual (KI) dari Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi tahun 2023.

Acara Apresiasi Program Direktorat APTV Kemendikbudristek dengan tema Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi Melalui Program Direktorat Akademik Pedidikan Tinggi, acara ini di ikuti oleh seluruh perguran tinggi di bawah Diksi yang dilaksanakan di Sahid Jaya Hotel & convention Yogyakarta baru-baru ini.

Program anugerah ini dimulai dengan pembukaan dari Ditjen Diksi Kiki Yuliati serta Dirjen APTV Beny Bandanadjaja. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan 5 Nominasi dalam bidang Penerapan Project Based Learning (PBL), Program Penjamin Mutu, Bidang Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat dan Bidang Kemahasiswaan.
Penghargaan ini diberikan atas dedikasi dan kontribusi kinerja dosen dan institusi Perguruan Tinggi Penyelenggara Program Pendidikan Vokasi, maka Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi memberikan apresiasi sebagai langkah untuk memotivasi dan mendorong perguruan tinggi vokasi untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan tinggi vokasi.
Tidak tanggung-tanggung untuk bidang Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat khususnya KI, juara 1 sampai dengan 3 diborong semua oleh Sekolah Vokasi UNDIP.

Vita Paramita yang juga sebagai Wakil Dekan II Sekolah Vokasi UNDIP mengatakan bahwa semua capaian ini tidak terlepas dari peran Wakil Dekan I Dr. Ida Hayumawanti, M.M. yang telah menggagas pembentukan percepatan drafting paten, di tingkat Sekolah Vokasi. Meski baru berjalan 1 (satu) tahun, tetapi hasilnya sangat luar biasa. Vita yang dikenal sebagai periset Hilirisasi telah menghasilkan beberapa KI untuk industri melalui berbagai riset dengan TKT 7 – 9. Diantaranya sebagai Ketua RISPRO LPDP (2014 – 2015) dengan judul “Pengembangan Mini Plant Super Teh Hijau Kompetitif melalui Proses Inaktivasi dengan menggunakan Mechanically Dispersed-Rotary Steamer” dan penanggung jawab riset PPUPT (2019 – 2021) “Komersialisasi Produk Nanopolifenol Teh Hijau Bebas Kafein sebagai Inkorporasi Functional Food Melalui Teknik Inaktivasi Enzimatis” dengan mitra industri teh hijau PPTK Gambung Bandung.

Sementara Endy pada tahun 2023 ini telah menghasilkan capaian indikator kinerja dengan karyanya yang spektakuler yaitu telah menghasilkan 6 paten granted, 36 hak cipta dan 5 publikasi di jurnal internasional bereputasi.Q1.

Dekan Sekolah Vokasi UNDIP Prof Dr. Ir. Budiyono, M.Si. menyambut baik atas capaian yang telah diraih ketiga dosen Sekolah Vokasi UNDIP, ini menambah daftar prestasi dosen Sekolah Vokasi UNDIP di tingkat nasional.
“Kegiatan riset oleh para dosen dan peneliti di Sekolah Vokasi UNDIP ini adalah nafas dari perguruan tinggi. Jadi, kami berharap para dosen di Sekolah Vokasi UNDIP bisa ikut termotivasi, terus menambah wawasan keilmuan, dan tak kalah penting menjaga semangat dalam kegiatan riset,” pungkasnya.

Share this :

Category

Arsip

Related News