, ,

Mahasiswa UNDIP Raih Gold Medal dan Grand Award Ajang World Innovative Science Project Olympiad 2023

Prestasi gemilang kembali diraih mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip). Alya Firda Amalia (FK, Farmasi angkatan 2020); Fildzah Millati Hanifa (FK, Farmasi angkatan 2021); dan Fayyaza Nadia Hanun (FK, Farmasi angkatan 2022) berhasil menyabet Gold Medal kategori Science & Math dan meraih Grand Award kategori College dalam ajang World Innovative Science Project Olympiad (WISPO) 2023 yang digelar pada 14 hingga 17 Desember 2023 di gedung Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Bandung, Jawa Barat.

Tim yang terdiri dari 3 (tiga) mahasiswa Farmasi Fakultas Kedokteran Undip itu mengusung sebuah karya inovatif mengenai sediaan nanoemulsi ekstrak parijoto sebagai anti diabetes yang diaplikasikan pada microneedle transdermal patch. “Buah parijoto sendiri diambil dari kota Kudus kemudian dibuat menjadi nanoemulsi. Inovasi ini telah melalui uji in vivo dengan hewan uji tikus putih jantan galur wistar,” jelas Nadia Hanun.

Prestasi yang diraih tentu buah dari persiapan yang matang. Mulai dari pembuatan poster yang menarik dan informatif, menyusun draft presentasi agar mudah dalam penyampaian isi penelitian, menyiapkan perlengkapan booth yang menarik, dan menyiapkan souvenir untuk pengunjung atau peserta lain yang berkunjung ke booth. “Sebelumnnya kami juga sudah menyiapkan prototype mulai dari produk nanoemulsi maupun microneedle transdermal patch.” ungkapnya

Mewakili tim, Nadia mengaku terharu dan senang atas capaian prestasi yang diraih. “Tidak menyangka bisa mendapatkan dua penghargaan sekaligus, rasanya haru bercampur senang karena penantian berbulan-bulan di laboratorium terbayar lunas meskipun hasil penelitian ini masih perlu banyak evaluasi dan perbaikan,” kata Nadia.

Ajang internasional yang diselenggarakan oleh Indonesia Scientific Society (ISS) ini, pada babak final diikuti sebanyak 12 negara, antara lain Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Palestina, Ukraina, Rusia, Brasil, Afrika Selatan, Nigeria, dan Bangladesh.

WISPO 2023 juga telah didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), SEAMEO Qitep bidang Sains dan BBGP Jawa Barat sebagai lembaga pemerintah.

 

Share this :

Category

Arsip

Related News