Kewirausahaan atau entrepreneurship merupakan roda penggerak ekonomi yang sangat strategis dalam sebuah negara, sebagaimana tertulis pada Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional menjadi mesin penggerak guna tercapainya rasio wirausaha 3,95% pada tahun 2024.

Universitas Diponegoro (Undip) dengan misi menghasilkan lulusan COMPLETE (Communicator, Professional, Leader, Thinker, Entrepreneur, Educator) membekali mahasiswa dengan soft skill salah satunya yakni kewirausahaan melalui Sosialisasi Program Pembinaan Mahasiswa Wirausahaan (P2MW) 2024 yang dilaksanakan pada Selasa, 20 Februari 2024 di Gedung Prof. Soedarto SH, Undip Tembalang. P2MW berfokus pada pengembangan kemampuan wirausaha mahasiswa dan meningkatkan ekosistem kewirausahaan di Perguruan Tinggi dengan pembentukan karakter kewirausahaan yang inovatif dan memiliki keberlanjutan pada Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. secara resmi membuka acara P2MW 2024. “Kreativitas itu dibutuhkan, baik entrepreneurship dan intrapreneurship. We need innovation and creativity. Karakter dan kompetensi itulah yang harus dipupuk sejak mahasiswa,” pesan Prof Suharnomo.

P2MW 2024 Undip mengundang dua narasumber yaitu Narulita Santi, S.T., M.Eng. (Dosen Fakultas Teknik Undip) dan Anjani Tri Fatharini, S.IP., M.A. (Dosen FISIP Undip).

Dengan tema “Sosialisasi Buku Panduan P2MW Tahun 2024”, Narulita Santi, S.T., M.Eng. menyebutkan bahwa peserta P2MW yaitu mahasiswa aktif jenjang Sarjana yang terdaftar di PDDIKTI maksimal semester 7 saat mengajukan proposal dan produk yang diusulkan merupakan produk yang dikembangkan oleh mahasiswa. “Adapun kategori usaha P2MW yaitu makanan dan minuman; budidaya; industri kreatif, seni dan budaya; jasa, perdagangan, dan pariwisata; manufaktur dan teknologi terapan; dan bisnis digital,” ungkap Narulita.

Narasumber kedua, Anjani Tri Fatharini, S.IP., M.A. menjelaskan materi “Cara Pendaftaran Akun Ketua P2MW Tahun 2024.” Mahasiswa hanya bisa mengikuti satu Program dari P2MW, PPK Ormawa, atau PKM. Peserta perlu melakukan registrasi akun mahasiswa pada laman https://kesejahteraan.kemdikbud.go.id/p2mw dan memastikan bahwa semua data dan dokumen yang diperlukan telah terisi lengkap.

Seleksi proposal P2MW 2024 meliputi 2 tahapan yaitu Seleksi Internal Perguruan Tinggi dan Seleksi Direktorat Belmawa. Seluruh aktivitas  penilaian  dan usulan dilaksanakan melalui SIM Kesejahteraan. Jika berhasil, alokasi bantuan pendanaan P2MW 2024 diberikan dengan kriteria Manajemen dan Kelompok Usaha Mahasiswa.

Informasi lengkap mengenai P2MW dapat diakses melalui akun Instagram @undipreneur_center. Undip juga aktif mendorong mahasiswanya untuk menjadi wirausahawan muda dengan rutin mengadakan sosialisasi P2MW setiap tahunnya, paparan tentang P2MW 2023 dapat dibaca pada laman https://www.undip.ac.id/post/28677/undip-bekali-mahasiswa-menjadi-wirausahawan-yang-kompetitif.html. (Titis-Public Relations)

Share this :