, ,

Peduli PAUD, Undip Melatih Guru Dalam Program Pengembangan Diri

Universitas Diponegoro (Undip) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan kegiatan Outing dan Seminar Pendidikan Anak Usia Dini dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat Undip Peduli Guru PAUD pada 2-3 Maret 2024 di Yogyakarta. Acara ini diikuti oleh 166 guru dari 81 PAUD di area Kecamatan Tembalang dan Banyumanik. Pada kegiatan ini, LPPM Undip mengundang dua narasumber yaitu Dr. Eko Setiawan, S.Pd.I., M.Pd. dari Universitas Islam Malang dan Dr. Ika Febrian, S.Psi., M.Psi., Psikolog. dari Fakultas Psikologi Undip yang melatih para peserta seminar dalam program pengembangan diri dan pendidikan PAUD.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. mengucapkan terima kasih kepada guru-guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang dengan tulus dan sabar mendidik anak-anak. Prof Yos sangat mengapresiasi jasa para guru PAUD yang mengajarkan ilmu dan budi pekerti kepada anak-anak yang nantinya akan menjadi generasi muda penerus bangsa. “Setiap huruf dan angka yang bapak ibu ajarkan kepada murid, setiap tulisannya yang mendukung hidupnya nanti adalah menjadi pahala untuk bapak ibu guru. Bapak dan ibu semua adalah orang-orang yang sabar dan berintegritas. Undip bersyukur dapat membagikan kebahagiaan kepada bapak ibu semua,” kata Prof Yos.

Dalam pengantarnya, Prof. Dr.-Ing. Ir. Suherman, S.T., M.T. selaku Ketua LPPM Undip menyampaikan bahwa acara ini adalah pengabdian masyarakat yang secara spesial diselenggarakan untuk guru PAUD di sekitar kampus Undip Tembalang. “Kegiatannya berupa materi dan motivasi training, semoga dapat bermanfaat dan menjadi refreshing untuk peserta,” katanya.

Ketua Forum Pos PAUD Kecamatan Tembalang, Rihar Diana, S.Pd. mewakili guru PAUD mengungkapkan kebahagiaan dan rasa terima kasih atas kesempatan mengikuti acara ini. Ia berharap, “semoga kita semua terus semangat menjadi guru yang berkarakter untuk menjadikan anak didik yang berkarakter baik.”

Menjadi narasumber pertama, Dr. Eko Setiawan, S.Pd.I., M.Pd. menjelaskan materi “Penguatan Karakter bagi Guru PAUD sesuai Nilai-nilai P5” di mana guru PAUD haruslah berkarakter, menyenangkan, dan komunikatif dengan sikap “peace, love, happy, power, pure”. Eko menyebutkan bahwa setiap anak adalah bintang, tidak ada anak yang bodoh karena semua anak adalah karya terbaik Allah SWT. “Maka dari itu dalam mengajar membutuhkan komitmen, antara lain tepat waktu, no HP & no ngobrol, belajar aktif, belajar sepenuh hati, dan progresif,” pesannya.

Selanjutnya, Dr. Ika Febrian, S.Psi., M.Psi., Psikolog. berdiskusi tentang “Pembelajaran Menyenangkan & Bermakna di PAUD”. Anak-anak usia dini 0-8 tahun berada di fase bermain, karenanya ia memberikan tips dalam mengajar juga bermain bersama anak PAUD harus memiliki karakteristik bermain yang menyenangkan, memiliki motivasi intrinsik, fleksibel dalam aturan, komunikatif, berorientasi pada proses, dan bermakna.

Program pengembangan karakter untuk guru PAUD sebagai bentuk pengabdian masyarakat Undip sebelumnya telah dilaksanakan dalam acara Seminar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini untuk Guru PAUD di Gedung Prof. Soedarto SH, Undip Tembalang pada tahun 2023 lalu dan beritanya dapat diakses pada laman resmi Undip (https://www.undip.ac.id/post/28375/undip-mengapresiasi-peran-guru-paud-dengan-meningkatkan-keterampilan-dan-pemahaman-pendidikan-karakter-untuk-anak-usia-dini.html). (Titis ed. Ut-Public Relations)

Share this :

Category

Arsip

Related News