Kementerian PUPR memegang amanah besar dalam mendukung terwujudnya program Nawa Cita Pemerintah. Dimana tahun 2015 hingga 2019, Kementerian PUPR memiliki program strategis di Bidang SDA diantaranya mewujudkan 65 bendungan baru hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Ir. Lolly Martina Martief, MT saat membuka acara Pelatihan Operasi Waduk yang diikuti oleh 40 orang peserta berasal dari lingkungan Ditjen SDA, antara lain: Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan; Pusat Bendungan; Balai Bendungan; serta BBWS dan BWS di seluruh Indonesia, Senin, (21-31/5) di Aula Balai Uji Coba Sistem Diklat Perumahan dan Permukiman Kampus Undip Tembalang.

Menurut Lolly bendungan baru maupun yang sudah ada, perlu didukung dengan keandalan kompetensi SDM dalam operasional dan pemeliharaannya. Namun demikian, masih ada kesenjangan antara kompetensi SDM yang ada pada saat ini dengan kompetensi yang diharapkan. Sehingga Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro menggelar Pelatihan Operasi Waduk yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi ASN PUPR dalam melakukan pengelolaan atau pengoperasian waduk yang optimal dengan teknik optimasi dan simulasi, Pelatihan ini melibatkan pengajar dari Kementerian PUPR, Fakultas Teknik UNDIP, Colorado State University USA dan Sinotec Engineering Cons. Inc, Taiwan”ujarnya.

Selain diisi dengan berbagai materi mengenai pengorasian waduk, pelatihan ini pun diisi dengan seminar internasional (kuliahumum) bertema “Modelling and Management of Reservoir Sedimentation” yang menghadirkan langsung pembicara dari Colorado State University USA dan Sinotec Engineering Cons. Inc, Taiwan.Selain seminar internasional, pelatihanini juga mengajak para peserta untuk melakukan kunjungan lapangan keWaduk Diponegoro sebagai bagian dari proses pembelajaran dalam mengelola atau mengoperasikan waduk yang optimal. Kegiatan studi lapangan ini dimaksudkan agar para peserta dapat melakukan sharing knowledge sekaligus mengaplikasikan hasil pembelajaran.