Selama ini, sektor industri belum terlalu diikutsertakan dalam kegiatan pengembangan keilmuan yang diinisiasi oleh perguruan tinggi. Padahal konsep pengembangan ilmu haruslah memadukan semua stakeholders. Konsep ABCG (Academicians-Business-Community-Government) haruslah dipadukan agar suatu inovasi bisa bermanfaat bagi banyak pihak.

Guna mewujudkan konsep ABCG, FPP Undip kemudian mencoba untuk menggandeng Mitsubishi Chemical Foods Corporation dari Jepang. Kerjasama ini membicarakan tentang pengembangan food emulsier dalam rangka Sugar Ester Riset Collaboration.

Dalam lawatannya ke FPP Undip pada hari Jumat, 29 September 2019, Mitsubishi Chemical Foods Corporation diwakili oleh 3 orang yaitu Tsutashi Matsuura, Ph.D., Takahiro Mukuda, dan Yu Imamura. Mereka adalah Group Manager dan Assistant Manager yang nantinya akan menjadi penanggung jawab penelitian dari Mitsubishi Chemical Foods Corporation.

Dr. Ir. Bambang Waluyo H.E.P., M.S., M.Agr. selaku Dekan FPP Undip mengungkapkan bahwa kerjasama ini diharapkan sebagai pintu agar FPP Undip bisa dikenal dunia luar. Kerjasama ini adalah upaya agar kemampuan para dosen di FPP Undip bisa diakui dunia luar dan bisa meningkatkan branding dari FPP Undip.

Tsutashi Matsuura, Ph.D selaku pimpinan rombongan dari Mitsubishi Chemical Foods Corporation juga mengakui bahwa mereka memilih FPP Undip sebagai mitra karena kualitas dari penelitian yang dilakukan oleh dosen-dosennya. Matsura juga menegaskan keinginannya agar bisa berkolaborasi lebih lanjut dengan FPP Undip.

Jadi, dengan adanya kolaborasi penelitian ini harapannya adalah semakin banyak perusahaan lain yang juga ingin menjalin kerja sama. FPP Undip dengan segala sumber daya yang dimiliki siap melakukan kerjasama untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan pengabdian kepada masyarakat.