Sertifikasi kompetensi merupakan suatu pengakuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai keterampilan dan kemampuan yang sesuai dengan standar kerja yang telah ditetapkan. Melalui sertifikasi kompetensi, para tenaga kerja akan lebih fokus dalam pekerjaan dan diakui keahlian yang dimilikinya. Dengan memiliki sertifikasi kompetensi, seseorang akan mendapatkan bukti pengakuan tertulis atas kompetensi yang dikuasai, sebab era saat ini persaingan dunia kerja antar profesi maupun lintas profesi sangat ketat.

Salah satu pelatihan sertifikasi yang memiliki peran penting adalah sertifikasi microsoft office, diantaranya untuk membantu tenaga kerja dalam promosi profesinya di pasar tenaga kerja, membantu tenaga kerja dalam merencanakan karir, membantu pengakuan kompetensi lintas sektor dan lintas negara, membantu tenaga profesi meyakinkan kepada organisasi/industri/kliennya bahwa dirinya kompeten dalam bidangnya, membantu tenaga profesi dalam memenuhi persyaratan regulasi, membantu memastikan dan memelihara kompetensi untuk meningkatkan percaya diri tenaga profesi, serta membantu tenaga profesi dalam mengukur tingkat pencapaian kompetensi dalam proses belajar di lembaga formal maupun secara mandiri.

Tenaga Kependidikan di Universitas Diponegoro dituntut agar mahir menggunakan teknologi komputer agar mampu bersaing dan menunjang tuntutan pekerjaan saat ini. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) UNDIP bekerja sama dengan ITS Tekno Sains dari Surabaya menyelenggarakan  pelatihan Sertifikasi Internasional Microsoft Office Specialist (MOS) bagi Tenaga Kependidikan Undip.

Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Pelatihan Sertifikasi Internasional Microsoft Office Spesialist (MOS) diselenggarakan selama 4 (empat) hari (tanggal 14 s.d 17 Juni 202) diikuti 70 orang peserta tenaga kependidikan. Pelatihan diadakan secara daring dengan media Zoom,  pada 2 (dua) hari pertama untuk penyampaian materi Microsoft Word dan Microsoft Excel, 1(satu) hari belajar mandiri dan 1(satu) hari terakhir untuk ujian sertifikasi. Pelatihan Sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan komputer, khususnya dalam menjalankan program microsoft office 2016 untuk tenaga kependidikan fungsional umum di Universitas Diponegoro. (Linda Humas)