Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Universitas Diponegoro merupakan unsur pelaksana administrasi universitas yang menyelenggarakan pelayanan administrasi akademik dan kemahasiswaan. Visi Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK)  Universitas Diponegoro adalah  Mewujudkan pelayanan teknis dan administrasi yang profesional, berkualitas unggul serta informatif dalam bidang akademik dan kemahasiswaan,  menjalankan tugas strategis, dalam rangka mendukung tercapainya Universitas Diponegoro menjadi universitas riset yang unggul.

Sedangkan misinya antara lain terselenggaranya pelayanan teknis dan administrasi dalam bidang akademik dan kemahasiswaan, tersedianya data dan informasi yang akurat dan komprehensif dalam bidang akademik dan kemahasiswaan, terwujudnya sistem informasi akademik yang mudah diakses dan adaptatif serta terselenggaranya pelayanan teknis dan administrasi yang berkualitas unggul dalam rangka kerja   sama yang profesional di bidang akademik dan kemahasiswaan.

Kepala BAAK Undip, Edy Surahmad, S.Pd., M.Si menuturkan tugas yang akan dicapai oleh BAAK Undip adalah memberikan pelayanan  Bagian Akademik, Bagian Kesejahteraan Mahasiswa dan Bagian Minat Penalaran dan Informasi Kemahasiswa yang cepat dan baik, menyelenggarakan kegiatan  PPMB dan Pendidikan Karakter untuk mahasiswa baru, menyelenggarakan  kegiatan Merdeka Belajar, melaksanakan monitoring dan evaluasi secara  rutin kepada Organisasi Kemahasiswaan, menyelenggarakan kegiatan Organisasi Kemahasiswaan, meningkatnya prestasi  mahasiswa  juara tingkat nasional, ketersediaan fasiltas PBM (sarana) terstandar, memberikan pendampingan penyusunan   proposal Program Kreativitas  Mahasiswa (PKM) yang  didanai  dari alokasi pengajian proposal yang didanai Dikti, menyelenggarakan kegiatan mahasiswa berwirausaha, meningkatkan mahasiswa yang lulus tepat waktu, meningkatkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional,  dan mengembangkan profesionalisme, kapabilitas, dan akuntabilitas dalam tata kelola universitas yang baik, serta kemandirian dalam penyelenggaraan perguruan tinggi.

“Berdasarkan sasaran strategis Universitas Diponegoro, langkah strategis yang akan dicapai oleh BAAK Undip antara lain meningkatkan jumlah mahasiswa lulus tepat waktu, meningkatkan lulusan yang memperoleh pekerjaan dalam waktu 6 bulan, meningkatkan jumlah prestasi mahasiswa juara pertama tingkat nasional, mewujudkan ketersediaan fasilitas PBM (sarana) terstandar, meningkatkan jumlah proposal Program Kreatifitas mahasiswa  atau PKM yang didanai  dari alokasi pengajuan proposal yang diajukan DIKTI, meningkatkan jumlah mahasiswa berwirausaha, meningkatkan  presentase lulusan  yang memperoleh pekerjaan dalam waktu 6 bulan dan meningkatkan prestasi mahasiswa juara pertama tingkat nasional” tuturnya.

“Sedangkan bentuk pelayanan di masa pandemi ini, kami melaksanakan sistem pelayanan   mahasiswa masih berjalan seperti biasa, dengan memberlakukan pelayanan dengan WFO dan WFH, memberikan ijin  penelitian, namun  untuk terjun ke lapangan mahasiswa harus koordinasi dengan instansi yang dituju, memberikan pelayanan mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa, pelayanan ORMAWA atau UKM, pelayanan beasiswa, pelayanan akademik dan non akademik, pelayanan lain bidang akademik dan bidang kemahasiswaan” lanjutnya.

Mengenai harapannya untuk Undip menuju World Class University, ia menyampaikan perubahan status Undip ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah No.81 tahun 2014 dan peraturan pemerintah RI No.52 Tahun 2015. Penataan regulasi dan upaya untuk merubah budaya kerja seluruh civitas academica di dalam penyelenggaraan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). Undip senantiasa berusaha meningkatkan prestasi dalam skala global guna menjadi World Class University, capaian-capaian yang cukup membanggakan sudah diraih oleh Undip diantaranya prestasi mahasiswa di sekala nasional dan internasioanl, Peringkat  Greenmetric Indonesia, Peringkat  Greenmetric dunia, peringkat  webometric Indonesia, Peringkat  Repositori Indonesia, Peringkat  Repositori dunia, Peringkat  quacquarelli symonds Indonesia dan Peringkat quacquarelli symonds se-asia, pemeringkatan versi Scimago Institution Rankings (SIR) dimana Undip menjadi perguruan tinggi terbaik. Rangking itu berdampak pada kepopuleran sebuah perguruan tinggi untuk menarik calon-calon mahasiswa.

“Peran kita dalam memajukan pendidikan di Undip tentunya turut mendukung program World Class University, dengan meningkatkan sumber daya manusia baik dosen, tendik dan mahasiswa, misalnya bertambahnya jumlah doktor dan profesor kita atau studi lanjut bagi tenaga kependidikan. Selain itu juga meningkatkan skill, meningkatkan penelitian, pengabdian dan menaikkan pemeringkatan-pemeringkatan” pungkasnya. (Linda Humas)