Konsultasi Telemedicine merupakan kerja sama Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro dengan Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND). Teknologi saat ini semakin canggih ditambah lagi masa pandemi Covid-19 yang mengubah semua sektor kehidupan, sehingga memerlukan penyesuaian salah satunya dalam pelayanan konsultasi kesehatan secara online. Hal tersebut disampaikan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Undip, Prof. dr. Dwi Pudjonarko dalam acara Peresmian Pelayaan Telemedicine, secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting (1/9).

Acara ini sekaligus sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis FK UNDIP ke-60 tahun. Ketua Panitia Dies Natalis,  dr. Yan Wisnu Prajoko menuturkan layanan telemedicine ini merupakan wujud nyata Undip dalam menjawab kesulitan pasien Covid-19 terutama pasien isolasi mandiri dalam mengkonsultasikan kesehatannya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pronowo turut mengapresiasi Fakultas Kedokteran Undip  dalam Pelayanan Konsultasi Telemedicine bagi para pasien Covid-19 yang sedang isolasi. Menurutnya Undip telah banyak membantu dan melakukan improvisasi dalam penanganan Covid-19.

“Kesadaran masyarakat sudah bagus mengenai kesehatan, tindakan pertama sudah dilakukan oleh mereka, seperti mengecek gejala-gejala bisa melalui teknologi itu sudah bagus” tuturnya.

Ganjar memberikan pesan agar tidak memperdebatkan lagi mengenai ada tidaknya virus ini apalagi  mengkaitkannya dengan konspirasi, sementara sudah banyak korban yang meninggal karena Covid-19. Yang harus dilakukan adalah kembali sehat dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Bagi yang sedang isolasi semoga kembali pulih dan rumah sakit tetap mengingatkan jika kondisi sudah membaik atau turun, jangan euforia namun selalu menjaga protokol kesehatan secara ketat” pungkasnya

Layanan telemedicine ini bisa diakses ke nomor WhatsApp 088214391014 yang melayani konsultasi dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. (Linda Humas)