Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., telah meresmikan Laboratorium Pengolahan Makanan (Food Processing Laboratory) pada Senin (29/11) pukul 09.00 WIB di Gedung F Hall Dekanat Lantai 2 Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Undip.

Acara ini dihadiri oleh Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., para Wakil Rektor Undip, Ketua Senat Akademik Undip Prof. Ir. Edy Rianto, M.Sc., Ph.D., IPU., Direktur Utama PT Undip Maju Dr. Wisnu Mawardi S.E., M.M., Direktur Inovasi dan Kerjasama Undip drh. Dian Wahyu Harjanti, Ph.D., Dekan FPP Undip Prof. Dr. Ir. Bambang Waluyo H.E.P., M.S., M.Agr., IPU., Para Wakil Dekan FPP Undip, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Undip, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) FPP Undip.

Selain itu, acara ini turut mengundang Kepala Laboratorium Mutu Beras dan Pascapanen Serealia Kementerian Pertanian Republik Indonesia Dr. Mulyana Hadipernata, S.TP, M.Sc., Regional CEO PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Semarang Wahyu Sulistiyono, President Komisaris Cimory Grup Bambang Sutantio, Direktur PT BISI International Tbk Agus Saputra Wijaya, Bupati Kab. Blora yang diwakili oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Blora drh. R. Gundala Wejasena, MP.

Laboratorium Pengolahan Makanan ini merupakan bantuan hibah dari program CSR PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Melalui program BRI Peduli, hibah laboratorium ini nantinya akan digunakan oleh para mahasiswa untuk menunjang kegiatan pembelajaran, yakni penelitian dan praktikum.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., dalam sambutannya mengungkapkan bantuan hibah dari PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ini akan Undip gunakan dengan baik, sehingga nantinya akan berguna bagi mahasiswa dan masyarakat secara umum.

“Jadi apa yang sudah diberikan BRI melalui program CSR harus kita jaga dan kita gunakan sebaik mungkin, jangan sampai hanya peresmiannya saja yang ramai, tapi tidak ada kemajuannya. Tanggung jawab sosial BRI sudah berpindah kepada kita, kita harus menjaga, merawat, dan memanfaatkan sebaik mungkin. Terima kasih untuk BRI.” ungkap Prof. Yos.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., saat menandatangani prasasti peresmian Laboratorium Pengolahan Makanan, Senin (29/11) di Gedung F Hall Dekanat Lantai 2 FPP Undip.

Dari peresmian Laboratorium Pengolahan Makanan ini, Prof. Yos mengingatkan agar produk pangan yang nantinya dihasilkan harus memenuhi regulasi yang ada dan tetap menjaga kualitas produk. “Harus diikuti sesuai regulasinya, apalagi untuk masalah makanan itu sisi hukumnya banyak, dari merk patennya sampai kualitas produknya. Nanti kalau sudah di tingkat produksi massal dan sudah mulai dijual harus hati-hati.” pesan Prof. Yos.

Dalam laporannya, Dekan FPP Undip Prof. Dr. Ir. Bambang Waluyo H.E.P., M.S., M.Agr., IPU., menjabarkan pengembangan Laboratorium Pengolahan Makanan di FPP Undip ini dinilai sangat penting, karena pada umumnya komoditas pangan sudah menjadi sebuah komoditas yang vital, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Selain itu, diperlukan dukungan oleh semua elemen untuk mengembangkan riset yang berkaitan dengan pangan. “Kami sangat menghargai dari semua pemangku kepentingan, baik dari dunia industri, dari pemerintah dalam hal ini kementerian dan dinas-dinas terkait, masyarakat, serta dunia perbankan khususnya BRI yang telah memberikan dukungan dalam upaya mengembangkan pendidikan dan riset yang terkait dalam masalah pangan.” ungkap Prof. Bambang WHEP.

Lebih lanjut, Prof. Bambang WHEP berharap akan terjadi hilirisasi hasil produk pangan dari para mahasiswa kepada para pelaku industri. “Kami harap seperti Cimory, PT Undip Maju, BRI bisa menjadi out taker dari produk pangan yang dihasilkan oleh adik-adik mahasiswa.” ucapnya.