, ,

Angkat Tema Pemanfaatan Daun Jeruk Nipis dan Kayu Manis sebagai Minuman Anti-Insomnia, I Kadek Hari Kesuma Menjadi Juara II Mawapres FPP UNDIP

“Pemanfaatan Daun Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) dan Kayu Manis (Cinnamomum burmannii) sebagai Minuman Anti-Insomnia menjadi topik yang saya presentasikan saat seleksi mahasiswa berprestasi di Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro. Alasannya karena masalah kesehatan adalah topik yang menarik untuk dibahas, terlebih lagi saya adalah mahasiswa jurusan Teknologi Pangan. Saya ingin memanfaatkan ilmu yang saya dapatkan dibangku perkuliahan untuk menciptakan produk dengan nilai jual yang tinggi. Tidak hanya memiliki nilai jual yang tinggi, tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan karena terbuat dari bahan alami tanpa adanya pengawet buatan” tutur I Kadek Hari Kesuma Juara II Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro.

“Belakangan ini saya juga sedang mempersiapkan perlombaan business plan, salah satu kompetisi yang tengah saya persiapkan adalah Tarumanagara Start-Up Summit Expo 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanagara. Selain mengikuti kompetisi, saya aktif dalam organisasi International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS) Local Comittees Undip sebagai Staff bidang Science and Technology (STD), UKM Minerva Research Club FPP, sebagai Staff bidang Edukasi, dan UKM Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD) Undip sebagai Staff bidang Media dan Komunikasi” lanjutnya.

Kadek Hari mengatakan masalah tersulit di bangku perkuliahan adalah manajemen waktu. Ia pernah hampir terlambat mengumpulkan berkas proposal bisnis plan karena kurang maksimalnya dalam mengatur waktu. Menjadi mahasiswa berprestasi tentunya membutuhkan manajemen waktu yang baik. Sedangkan yang ia lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membuat jadwal kegiatan setiap harinya. Apabila telah menetapkan jadwal dengan baik, hanya perlu menjalaninya secara berurutan sehingga semua agenda yang telah ditetapkan dapat tercapai dan tidak ada lagi waktu yang terbuang secara percuma.

“Para generasi muda harus memperbanyak wawasan dari ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan maupun dari luar perkuliahan. Orang yang sukses adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menyerap berbagai ilmu dari segala media dan mengaplikasikannya untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Selain memperbanyak ilmu, kita juga harus memperluas relasi kita dengan aktif berorganisasi. Manfaat organisasi bagi mahasiswa adalah untuk mempelajari kepemimpinan dan juga meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, dengan mengikuti organisasi, kita juga dapat memperluas jejaring dan pergaulan dengan orang lain” pesan mahasiswa jurusan S1-Teknologi Pangan ini. (Lin-Humas)

Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait