Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro diwarnai dengan kemeriahan pelepasan balon dan burung dara sekaligus dibukanya kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Senin (15/8) di halaman gedung Fisip Undip, Tembalang.

Dalam sambutannya, Dr. Hardi Warsono, MTP. selaku Dekan Fisip menyambut dengan gembira para mahasiswa baru dan menyampaikan bahwa para mahasiswa baru harus memiliki semangat yang tinggi, mengingat mereka adalah orang-orang yang terpilih. Ia juga memperkenalkan jajaran Wakil Dekan Fisip, Ketua Departemen, Ketua dan Sekretaris Program Studi, Dosen dan tenaga pendidik serta pihak-pihak yang berkontribusi penuh dalam proses akademik di Fisip Undip.

Sementara Dr. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan melaporkan jumlah mahasiswa baru Fisip untuk Mahasiswa Pascasarjana (S2 dan S3), S3 Administrasi Publik sebanyak 8 orang, S3 Ilmu Sosial 11 orang, S2 Ilmu Politik 5 orang, S2 Administrasi Publik 10 orang, S2 Ilmu Komunikasi 35 orang, dan S2 Adm Bisnis 12 orang. Sedangkan Mahasiswa Strata 1, S1 Administrasi Publik sebanyak 221 orang, S1 Ilmu Pemerintahan 219 orang, S1 Ilmu Komunikasi 221 orang, S1 Administrasi Bisnis 225 orang, dan S1 Hubungan Internasional 165 orang.

“Materi yang diberikan dalam PKKMB antara lain Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Revolusi Mental, Sistem Pendidikan Tinggi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Program Kreativitas Mahasiswa dan Prestasi Mahasiswa, Kuliah Online, Siap dan Akses Perpustakaan, Peraturan Akademik, Revolusi 4.0 dan Pasca C-19, Lingkungan Hidup dan Manajemen Bencana, Budaya Etika & Beasiswa, dan Ormawa. Materi Pendikar yaitu Branding Diri dan Kelompok, Potensi Makhluk Tuhan, Beretika, Mengenal dan Memahami Generasiku, Kartu Diri, Regulasi Emosi, Disiplin, Jujur dan Adil, Kepemimpinan Berkarakter, Kepedulian Sosial, Undip Complete, Kita dan Pancasila, Harmoni, dan Declaration Of Excellent” terang Wakil Dekan I. (Lin-Humas)