UPT Perpustakaan dan Undip Press bersama Forum Komunikasi Pustakawan dan Pengelola Perpustakaan Universitas Diponegoro menyelenggarakan webinar series ke-26 pada Rabu (28/9) pukul 08.30 – 11.30 WIB secara daring melalui zoom meeting dan live streaming youtube. Webinar kali ini diikuti oleh para pustakawan yang mengangkat tema “Smart Writing: Cerdas Membuat Karya Ilmiah”.

Pada webinar series 26 ini mengundang narasumber utama yaitu Dhama Gustiar Baskoro, S.S., M.Pd. dan Lis Setyowati, S.Sos., M.A., selaku moderator. Pemilihan topik webinar tersebut bukan tanpa alasan, melainkan pada webinar series sebelumnya belum pernah disampaikan kiat-kiat melakukan penulisan. Jika direfleksikan, kegiatan menulis sebenarnya adalah kegiatan menyusun kata, merangkai kalimat, dan paragraf lalu kita bisa menyampiakan ide, gagasan sehingga bisa menjadi suatu tulisan utuh yang mudah dipahami oleh pembaca.

Acara ini dibuka oleh Kepala UPT Perpustakaan dan Undip Press Suwondo, S.Hum., M.Kom. dan kemudian dilanjutkan oleh sambutannya yang turut mendukung terselenggaranya webinar dengan tema baru tersebut. “Webinar kali ini Undip mendorong staff akademika untuk selalu tumbuh kembang, peduli kasih, internasional, dan salah satu tugas di UPT Perpustakaan itu adalah mendorong dan memfasilitasi hal tersebut. Undip sudah menjadi universitas riset internasional, maka pada setiap kali webinar series tidak lepas dari kegiatan tentang publikasi dan sebagainya.” jelasnya.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Pelaksana Webinar Series 26, Haryani, S.Sos. M.IP menjelaskan bahwa acara ini merupakan rangkaian kegiatan dari 30 series webinar yang nantinya akan dilaksanakan pada tahun ini. Menurutnya menyusun Karya Tulis Ilmiah membutuhkan pengetahuan khusus.

“Kegiatan ini tidak lepas dari pembuatan Karya Tulis Ilmiah, agar bisa menyusun Karya Tulis Ilmiah secara baik dan benar, perlu pengetahuan bagaimana alur dan proses penulisan karya ilmiah. Ada beberapa tahapan dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah antara lain adalah kegiatan pra tulis, riset, drafting, reviewing, dan editing.” tuturnya.

Sementara itu, Dhama Gustiar Baskoro, SS., M.Pd., memaparkan bahwa menulis itu tidak harus mengandalkan semua kemampuan manual atau individual. Tapi menulis bisa sangat terbantu dengan berbagai aplikasi dan sekarang sudah sangat mudah.

“Saya akan coba melihat siklus sederhana dari menulis yang terdiri dari lima langkah yaitu pra tulis, riset (sumber dan informasinya), drafting, reviewing, dan editing. Menulis adalah meninggalkan jejak kecil yang abadi di alam semesta pengetahuan. Karena saya sadar sekali apa yang saya tahu sebagai apapun sekarang saat ini, di posisi kita masing-masing.” ungkapnya. (Salsabil-Humas).