Capaian cemerlang Syahara Khoerunissa mahasiswi tahun 2021 program studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (Undip) pada 2 bulan terakhir (Agustus – September 2022). Syahara sempat torehkan prestasi di kancah internasional kali pertamanya mewakili Universitas Diponegoro dengan raihan 2 medali emas di cabang olahraga (cabor) panahan nomor compound beregu campuran (Compound Mixed Team) dan 1 medali perunggu nomor compound individual women pada event ASEAN UNIVERSITY GAMES (AUG) 2022.

AUG XX adalah acara olahraga bergengsi dua tahunan yang melibatkan atlet dari universitas negara-negara anggota ASEAN dimulai sejak 26 Juli hingga 6 Agustus 2022, di Ubon Ratchathani, Thailand. Sebelumnya, Syahara termasuk atlet jebolan tingkat nasional pernah menjuarai medali perak pada pertandingan perdananya di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 mewakili Banten untuk nomor compound perseorangan putri.

Syahara berkisah, baginya “AUG XX merupakan pengalaman berkesan untuk kali pertama saya bertanding di event internasional membawa nama Indonesia, perasaan bangga dan terharu bisa melihat bendera merah putih berkibar dan lagu Indonesia Raya berkumandang”, tuturnya. “Tidak menyangka bisa ada di posisi itu tapi keyakinan saya, bahwa ini adalah bukan menjadi keikutsertaan saya yang terakhir di event internasional membawa nama Indonesia. Pastinya kebanggaan terbesar saya karena bisa membawa nama baik Indonesia, Banten, Tangerang Selatan, Power Archery sebagai tempat saya berlatih dan Undip sebagai tempat saya mengenyam pendidikan”, imbuhnya.

Ia pun senang membagi rahasia kesuksesannya yakni dengan “terus berlatih tanpa kenal lelah setiap hari dan mengikuti arahan dari pelatih, manajer dan klub, juga doa dan support dari orang tua khususnya mama yang tidak kenal lelah mendoakan saya, itu modal utama saya, juga belajar ikhlas dan sabar atas hasil yang saya peroleh saat bertanding”, ucapnya.

Ketertarikannya mengambil kuliah di program studi manajemen tentunya dikarenakan “lingkup kerjanya yang luas, hampir semua membutuhkan manajemen”, ungkapnya.

Syahara berhasil lolos ujian masuk Undip melalui jalur prestasi, menurutnya “pendidikan itu penting akan tetapi memiliki kegiatan di bidang yang lain dan bisa berprestasi dapat menumbuhkan kepercayaan diri berlebih dan menjadikan kebanggaan tersendiri disamping juga pengaruh dari olahraga panahan sangat membantu saya dalam menyikapi masalah – masalah dalam hidup saya, meskipun berat menyeimbangkan dengan jadwal kuliah dan tugas – tugasnya, saya tetap mewajibkan untuk bisa latihan setiap harinya.” ucapnya.

Deretan capaian prestasi lainnya, Syahara berhasil menyumbang medali emas kualifikasi individual compound women umum; medali perak eliminasi compound women umum dan perunggu pada compound umum women team di pertandingan UKM Panahan Undip dalam UGM Open Archery Championship belum lama ini di bulan September 2022. (Diah-Humas)