, , ,

Fakultas Psikologi UNDIP Kuatkan Kolaborasi dengan Universiti Malaysia Terengganu

Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (Undip) telah berkerja sama dengan Faculty of Business, Economics, and Social Development, Universiti Malaysia Terengganu (UMT) sejak 2021 untuk melakukan riset dengan judul Understanding Consumer Behavior During and Post (Outbreak) COVID-19 Pandemic. Ketua tim peneliti dari Fakultas Psikologi Undip, Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D. mengatakan bahwa program ini merupakan kolaborasi internasional yang didanai International Partnership Research Grant (IPRG) dari Malaysia. Pada tanggal 10 – 12 Juni 2023, Prof Sawitri melakukan kunjungan ke UMT untuk melakukan final qualitative data collection berupa interview, analisis data kuantitatif, dan pembuatan outline draft manuskrip publikasi ilmiah. Ketua tim peneliti UMT, Dr. Nor Amalina Mohamad Zaki menuturkan bahwa kolaborasi ini merupakan projek pertamanya yang bersifat multi disiplin. Untuk riset sebelumnya, ia banyak terlibat dalam penelitian marketing dan tourism, dan untuk saat ini sangat bersemangat mengerjakan projek dengan topik gabungan yaitu marketing dan psikologi. Riset ini turut mendukung Sustainable Development Goals nomor 4, yaitu Quality Education untuk mendukung pendidikan yang berkualitas dan nomor 17, yaitu Partnership for the Goals untuk menjalin partnership dalam mencapai tujuan.

Dengan adanya MoA untuk kolaborasi riset ini, MoU antara Undip dan UMT sudah pula ditandatangani pada level pimpinan universitas, yang mencakup kolaborasi riset, staff exchange, student exchange, joint supervision mahasiswa S2 by research. Dean, Prof. Dr. Suriyani Binti Muhamad, dan Deputy Dean, Prof. Yusliza Mohd Yusoff yang ditemui secara terpisah oleh Prof. Dian Ratna Sawitri menyambut baik memberikan lampu hijau untuk kerja sama lebih lanjut dengan semua departemen di bawah Faculty of Business, Economics, and Social Development tersebut.

Kunjungan Prof. Dian Ratna Sawitri ke UMT selain untuk melakukan finalisasi terhadap projek kolaborasi riset, juga memperluas jejaring tidak hanya dengan dosen dari Marketing Department, namun juga departemen lain di bawah Faculty of Business, Economics, and Social Development, yaitu Counseling. Prof. Dian Ratna Sawitri melakukan pertemuan dengan Dr. Nor Ezdiane Omar, yang merupakan Head of Conselling, dan Dr Siti Salina binti Abdullah yang merupakan Chair of Counseling dan Ketua Program Magister Counseling, untuk melakukan penandatangannan Letter of Intent dengan Department Counseling sekaligus mengeksplorasi peluang dari kedua sisi untuk kegiatan kuliah dosen tamu, student exchange inbound and outbund, dan kolaborasi riset. Lebih jauh, Prof. Dian Ratna Sawitri melakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) dengan Director Maritime Logistic and Transport Center, Ts Dr. Mohd Saiful Izwaan bin Saadon, untuk aktivitas student outbound dari Malaysia dalam summer course yang diselenggarakan Fakultas Piskologi Undip di 2024 mendatang. Pertemuan dilakukan juga dengan Dr. Yulita, dosen Psikologi Industri dan Organisasi UMT untuk eksplorasi peluang kerja sama seminar internasional.

 Kedepannya, diharapkan lebih banyak dosen Fakultas Psikologi Undip yang terlibat aktif dalam melebarkan jejaring ke universitas lain di Malaysia dalam rangka menguatkan jejaring internasional untuk mendukung Undip sebagai World Class University.

Prof Dian Ratna Sawitri dengan Ts Dr. Mohd Sauful Izwaan bin Saadon (Director of Maritime Logistic and Transport Center UMT)
Prof Dian Ratna Sawitri dan Prof Yusliza Mohd Yusoff (Deputy Dean of Faculty of Business, Economics, and Social Development UMT)
Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait