,

Zahra, Wisudawan FH Undip Tertarik Riset Kesetaraan Gender

Zahra Nur Aliya, mahasiswa berprestasi yang turut dilantik pada prosesi wisuda periode ke-173 Universitas Diponegoro (Undip) dari Fakultas Hukum meraih IPK 3,85 predikat cumlaude dengan masa studi 4 tahun 4 bulan pada 30 Januari 2024. Banyak prestasi yang diraih, terutama bidang riset yang berfokus pada Hak Asasi Manusia (HAM) maupun kesetaraan gender. Prestasi yang diraih antara lain: juara 3 Idea Competition Tons of Idea yang diselenggarakan oleh United States Agency for International Development (USAID) dan Kementrian PANRB; dan Juara 3 pada 2023 Human Rights English Student Paper Competition on “North Korea and Human Rights” yang diselenggarakan oleh Human Asia dan Ministry of Unification of the Republic of Korea.

Selama memempuh studi, ia aktif bergabung beberapa organisasi, terutama yang mengedepankan kesetaraan gender. Antara lain Staf Muda BEM FH Undip, Founder dan President Girl Up Diponegoro. Saat memasuki tahun ketiga kuliah aktif, ia menjadi Research officer Girl Up Indonesia. Memasuki tahun keempat, Zahra menjadi Head of Research and Advocacy Girl Up Southeast Asia. Pada tahun keempat sempat menjadi relawan aktif di SAFEnet (Southeast Asia Freedom of Expression Network). Di samping aktif berorganisasi, ia juga mengikuti acara international, yaitu Asia Pacific Youth Internet Governance 2023 sebagai fellows yang diselenggarakan oleh NetMission Asia.

Beberapa organisasi yang telah disebutkan sebelumnya juga membawanya diundang menjadi Panelist CSW67 Side Event: Women, Peace and Cybersecurity yang diselenggarakan oleh UN Women Asia Pacific. CSW (Commission on the Status of Women) merupakan komisi fungsional ECOSOC (salah satu badan PBB) yang mempromosikan kesetaraan gender.

Pendidikan dan organisasi membantunya membuka potensi-potensi yang tidak pernah disadari sebelumnya. Pastinya pendidikan memainkan peran penting bagi individu dan pembangunan. “Pendidikan dan organisasi membantu saya untuk berpikir kritis dalam proses pengambilan keputusan mulai dari kehidupan sehari-hari hingga professional” jelasnya.

Mengulas tentang gender, berikut ulasan tentang gender dengan sudut pandang pakar dari Fakultas Hukum Undip: https://www.undip.ac.id/post/23100/melihat-persoalan-gender-dari-sudut-pandang-pakar-hukum-undip.html. (DHW ed.Ut-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News