, ,

UNDIP Sabet Tiga Juara dan Raih Juara Umum di KKTCBN 2023

Rabu, 25 Oktober 2023, Universitas Diponegoro kembali menorehkan prestasi membanggakan di Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2023. Dalam acara pengumuman pemenang yang berlangsung di Balai Purnomo Prawiro, Kampus Universitas Indonesia Depok, kontingen Undip berhasil meraih tiga juara di tiga kategori sekaligus menyabet titel Juara Umum KKCTBN tahun 2023.

KKCTBN sendiri adalah kompetisi di bidang teknologi perkapalan dan kemaritiman yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). Dalam lomba ini, para mahasiswa bersaing untuk menyajikan inovasi teknologi desain, pembuatan prototipe, dan performa prototipe kapal terbaik. Tahun ini, tema yang dibawa adalah “Penguatan Kemandirian Teknologi dan Inovasi Kapal Nasional”.

Pada tahun ini, ada 88 tim dari 31 perguruan tinggi yang ikut berkompetisi untuk memperebutkan juara di 6 kategori yang disediakan. Universitas Diponegoro sendiri di tahun ini berhasil mengirimkan lima tim, yaitu tim Nexus-EZ di Kategori Divisi Kapal Pariwisata Desain Routine dan Regulasi (DRR), tim Niskala-EZ di Kategori Divisi Kapal Pariwisata Desain Inovasi dan Implementasi (DII), tim Lembuswana Team 1 di Kategori Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Pariwisata Leisure Boat Electric Remote Control (LBERC), tim Lembuswana Team 2 di Kategori Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Pariwisata Leisure Boat Fuel Engine Remote Control (LBFERC), dan tim Aterkia di Kategori Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Pariwisata Autonomous Tourism Surface Vessel (ATSV).

Dari lima tim yang ikut bertanding, kontingen Universitas Diponegoro berhasil mendapatkan juara di tiga kategori, yaitu Juara 1 di Kategori Divisi Kapal Pariwisata DRR, Juara 1 di Kategori Divisi Kapal Pariwisata DII, dan Juara 3 di Kategori LBERC. Selain itu, kontingen Universitas Diponegoro juga berhasil meraih Juara Umum KKCTBN 2023.

Mufid Jaler Bagus Pamuning, mahasiswa Teknik Perkapalan yang tergabung dalam tim Lembuswana Team 1 mengungkapkan, ia dan tim merasa bangga dan senang bisa mendapatkan juara pada tahun ini. Baginya, keberhasilan dalam mendapatkan Juara Umum menjadi hal yang luar biasa karena bisa bersaing dengan universitas-universitas unggulan lainnya.

“Saya dan tim sangat bangga dan senang, sebab sebenarnya menjadi juara umum di KKCTBN 2023 ini merupakan hal yang sangat luar biasa bagi kontingen Undip yang berangkat ke UI. Kami mampu bersaing dengan universitas-universitas unggulan yang berkompetisi di sana dan kami mampu mempersembahkan semua ini untuk Undip tercinta,” ujarnya.

Dekan Fakultas Teknik Undip, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M, M.Sc, Ph.D mengapresiasi kemenangan dari kontingen Undip di KKCTBN tahun ini. Menurut beliau, keberhasilan ini merupakan hasil dari upaya riset yang sudah berjalan sejak lama. “Menurut saya, hal yang bermanfaat adalah melakukan penelitian yang berkelanjutan. Karena tentunya keberhasilan mereka tahun ini adalah hasil dari penyempurnaan riset mereka di tahun-tahun sebelumnya. Saya selaku Dekan Fakultas Teknik sangat mengapresiasi karena ketekunan adik-adik serta bimbingan dari bapak ibu dosen dalam mengamalkan perbaikan berkelanjutan.”

Ia berharap, para mahasiswa nantinya bisa memanfaatkan kemenangan ini untuk mengembangkan kemampuannya dalam berkompetisi dan membangun jejaring. “Semoga hal ini bisa memupuk jiwa kompetisi, punya kepercayaan tinggi saat bertanding di level nasional, serta memiliki jiwa sportivitas yang tinggi. Lalu, adik-adik bisa membangun jejaring. Karena mengikuti even berskala nasional seperti ini adik-adik bisa berinteraksi dengan mahasiswa lainnya dari universitas-universitas unggulan sehingga bisa tercipta jejaring. Diharapkan nantinya ketika bekerja bisa bertemu kembali,” ucapnya.

Foto oleh Tim Hydrotech Undip

Share this :

Category

Arsip

Related News