Tim Jacotama: Coconut Charcoal Briquettes dari Universitas Diponegoro meraih Juara 3 Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) AWARD, Kategori Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI), subkategori Produksi/Budidaya.

KMI Expo merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan tahun 2021 ini, KMI Expo XII   diadakan oleh Universitas Brawijaya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk menjadi lulusan yang berkarakter, inovatif, dan kompetitif.

Jacotama merupakan produsen dan pemasok produk turunan kelapa dengan konsep WIRAKOPERASI untuk meningkatkan kesejahteraan petani kelapa, mengurangi limbah perkebunan kelapa secara signifikan, dan menjalankan model bisnis yang berkelanjutan. Visinya adalah menjadi produsen gula kelapa terkemuka di Indonesia dan berkomitmen untuk menggunakan teknologi hijau dalam membuat produk organik, ramah lingkungan, hijau dan unggulan yang memfasilitasi pembangunan berkelanjutan. Sedangkan misinya adalah memberikan kualitas unggul dan dapat diandalkan produk dan kinerjanya sesuai dengan standar manufaktur yang tinggi dengan menciptakan produk unggulan yang berkualitas kepada pelanggan di seluruh dunia, dan juga tepat waktu dalam pengiriman.

Usaha ini menarik karena memiliki 3 produk unggulan sebagai daya tarik, ada arang kelapa, briket bio arang kelapa, dan gula kelapa. Semuanya unggul dalam kualitasnya masing-masing. Biobriket arang kelapa adalah produk low ash, tanpa bau, terbuat dari 100% bahan alami tanpa bahan kimia, memiliki waktu pembakaran yang lama, dan tersedia dalam berbagai bentuk. Begitu juga dengan produk gula kelapa atau dikenal Arkacoco yang terbuat dari 100% nektar kelapa asli, bebas dari bahan tambahan kimia, pewarna sintetis, dan pengawet makanan, dengan cita rasa khas seperti karamel leleh yang manis dan gurih serta sesuai dengan standar organik. Sehingga keunggulan produk yang dimiliki diharapkan akan diminati pasar dunia.

Tim Jacotama Undip menyampaikan bahwa KMI Expo menjadi ruang untuk sharing pengalaman dan menambah relasi. Mereka juga berpesan dalam berbisnis mengajarkan untuk tidak mudah menyerah, mengexplore diri, tidak takut berbeda dari yang lain, terus bergerak, berinovasi, dan berkolaborasi serta bersemangat membawa perubahan diri yang lebih baik. Definisi generasi muda keren saat ini adalah untuk belajar, berinovasi, juga berbudaya. Sedangkan kompetisi sebagai implementasi dari hasil pendidikan yang sudah ditempuh. (Lin-Humas)